Pemilu 2019, Rakyat Ancam Tak Pilih Koalisi Merah Putih

image

SERAMBIMATA.WORDPRESS.COM – Inilah akibat sikap tak populer yang ditunjukkan para politisi senayan. Sepak terjang partai yang bergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) terkait RUU Pilkada berbuntut panjang.

Politisi dan rakyat di daerah marah dan mengancam tidak akan memilih partai politik yang mendukung pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD seperti yang dituangkan dalam RUU Pilkada. Bahkan dalam Pilpres 2019 pun mereka akan mengampanyekan tidak boleh memilih calon yang diajukan KMP.

“Karena mereka menolak pilkada langsung oleh rakyat untuk gubernur, bupati dan walikota, maka kami akan bersikap tidak memilih mereka,” kata Roy Maramis,  aktivis pemuda Sulawesi Utara (Sulut),  yang juga angota DPRD Kota Manado kepada SP di Manado, Kamis (11/9).

Ia mengatakan, Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, PBB, Partai Gerindra dan Partai Demokrat yang ngotot mengubah  pilkada dipilih oleh DPRD harus berpikir panjang, karena sekitar 90 persen rakyat tidak akan memilih mereka.

“Kami prediksi, rakyat akan kecewa. Sebagai ungkapan rasa kekecewaan, rakyat tidak akan memilih mereka lagi dalam Pileg 2019. Karena mereka merampas hak rakyat. Dan rakyat akan balas mereka dalam Pileg 2019,” kata Maramis yang juga mantan Ketua KNPI Kota Manado.

Sementara itu, Drs Paulus Sembel,  aktivis yang juga angota DPRD Kota Tomohon mengatakan, pilkada langsung itu sangat baik. Semua rakyat merasakan pesta demokrasi. Kalau ada kekurangan, itu saja yang dibenahi. Parpol KMP jangan beralasan pemborosan anggaran. Sepanjang itu untuk kepentingan bersama tidak ada masalah. Yang harus diberantas adalah korupsi yang merugikan rakyat.

“Kalau banyak dana, tetapi untuk memajukan  demokrasi di Indonesia, kenapa kita harus persoalkan? Jadi pilkada langsung harus tetap dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, LSI melakukan survei yang menunjukkan bahwa 81 persen rakyat lebih memilih  pilkada langsung untuk kepala daerah

About serambimata

Terus menulis

Posted on 12 September 2014, in Politik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: