Percayakah Anda? Kalau Nasi Putih Tidak Baik Bagi Kesehatan ?

image

SERAMBIMATA – Apa jadinya bila nasi putih dituding tidak baik bagi kesehatan, sementara nasi putih yang berasal dari beras ini adalah makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia.  Kalau benar nasi putih tidak baik bagi kesehatan, perlukah ada larangan makan Nasi putih? Lalu, kalau tidak makan nasi putih, lalu mau makan apa? La wong kalau gak makan nasi putih dianggap belum makan.  Ia kan? Benar tidaknya ungkapan tersebut, sebaiknya anda tahu tentang nasi putih berikut ini.

Nasi putih merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi putih juga dijadikan sebagai karbohidrat utama yang bisa dimakan bersama aneka sayur dan lauk pauk. Sebagai karbohidrat utama, manfaat nasi putih tentu mengenyangkan kita. Masih ada yang kurang rasanya jika belum makan nasi putih.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan pihak Universitas Canterbury, Inggris, ditemukan bahwa nasi bisa mencegah kita dari kanker usus. Namun dibalik itu semua, ternyata mengkonsumsi nasi putih terlalu sering dalam jumlah yang banyak tidak baik untuk kesehatan. Mengapa demikian? Berikut ini alasannya
merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi putih dijadikan sebagai karbohidrat utama yang bisa dimakan bersama aneka sayur dan lauk pauk. Sebagai karbohidrat utama, manfaat nasi putih tentu mengenyangkan kita. Masih ada yang kurang rasanya jika belum makan nasi putih. Selain itu berdasarkan penelitian yang dilakukan pihak Universitas Canterbury, Inggris, ditemukan bahwa nasi bisa mencegah kita dari kanker usus. Namun dibalik itu semua, ternyata mengkonsumsi nasi putih terlalu sering dalam jumlah yang banyak tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini alasannya.

Alasan nasi putih kurang baik untuk kesehatan :

1. Menyebabkan Kegemukan (Obesitas).
Kandungan pati dalam nasi putih membuat kita jadi cepat lapar, selain itu, dalam 100 gr nasih putih mengandung 80 gr karbohidrat. Inilah yang bisa memicu kegemukan. Faktor psikologis “kalau belum makan nasih putih belum mantap, tidak kenyang” juga mempengaruhi keinginan kita untuk selalu mengkonsumsi nasi putih.

2. Memicu Diabetes.
Penderita diabetes harus mengetahui hal ini. Karbohidrat dalam nasi putih bisa menaikkan produksi gula dalam darah. Melonjaknya gula darah akan memicu diabetes. Sebagai alternatif, penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi putih kemarin atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan sego wadang.

3. Menimbulkan Sembelit.
Sembelit atau susah buang air besar disebabkan karena sedikitnya kandungan serat dalam tubuh kita. Dalam 100 gram nasi putih, terdapat 1 gram serat. Padahal jumlah serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh adalah antara 25-30 gram. Untuk menambah serat tubuh, anda bisa mengkonsumsi 2 mangkok daun bayam (3 gram serat), 1 potong kentang = 4 gram serat, mangkok brokoli masak = 4,5 gram serat. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah. 1 buah kiwi = 3 gram serat, 1 buah pisang = 3 gram serat, 1 apel besar = 4 gram serat, 1 buah pir = 4 gram serat, 1 mangkok strawberi = 4 gram serat. 1 buah pir = 4 gram serat, 1 mangkok strawberry = 4 gram serat.

Lantas, apa makanan sehat pengganti nasi putih? Anda bisa menggantinya dengan nasi merah, pasta, kentang, jagung, singkong, ubi jalar, gembili, sukun.

About serambimata

Terus menulis

Posted on 30 September 2014, in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. kadang orang2 yg punya diabetes bertanya2 kenapa di haruskan makan nasi jagung saja tanpa di campur beras putih…….semoga dengan tulisan ini mereka mengerti ya…..kalau ikut caraku makan nasi putih cukup 2 kali sehari…malam hari di ganti…buah atau sayuran atau kentang.

    Suka

  2. kalau ingin uji coba sarapan sekenyang2x….apa yg akan di rasakan pasti ngantuk…..ngantuk pagi2 akan membawa kita ke diabetes…….betulkah…….

    Suka

  3. maksudx…..bukan ngantukx yg membawa ke diabetes….tapi dari situ kita bisa tau klu kita makan nasi putih banyak2 pemicunya ke diabet….coba kalau kt makan nasi jagung…sedikit saja kenyangx sampai sehari…

    Suka

  4. Kalo dibanding sama iklan lele bagaimana pak? Soalnya ikan lele berada dalam kolam yang keruh juga. Tingkat kesehatannya bagaimana?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: