Melalui Gadget Tanpa Sadar Orang Tua ‘Racuni’ Anaknya

image

SERAMBIMATA – Memanjakan anak dengan gadget atau menjauhkannya? Sepertinya pilihan yang kedua adalah pilihan yang paling bijaksana mengingat bahaya gadget jauh lebih besar dari pada manfaatnya bagi anak. Bahkan bisa jadi, bila orang tua menfasilitasi gadget kepada anak, tanpa sadar ia telah menularkan ‘racun’ kepada anak-anak.

Ketergantungan kita terhadap gadget memang tak bisa dielakkan lagi. Namun, secara tak sadar, kita ternyata juga menularkan ‘racun’ ini kepada anak-anak, sosok yang tak seharusnya terlalu lama berdekatan dengan gadget.

Seperti yang dilansir oleh Mashable September lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Harris Interactive, diketahui bahwa warga Amerika Serikat secara tak sengaja meracuni anak mereka dengan gadget. Padahal, sebagian besar dari korban ini adalah mereka yang usianya masih di bawah 18 tahun.

image

Tercatat, hanya 20 persen orang tua saja yang menjauhkan anak di bawah umur dari serbuan gadget ini. Sementara, 80 persen lainnya tak bisa mengelak untuk menjauhkan anaknya dari perangkat pintar tersebut.

Sebagian besar perangkat yang diberikan untuk anak-anak sendiri adalah smartphone dan tablet sekaligus (61 persen). Sementara, yang ‘hanya’ diberikan smartphone saja atau tablet saja angkanya terbagi menjadi 47 persen dan 44 persen.

Pemberian gadget secara dini kepada anak-anak sendiri memang akan memberikan dampak negatif kepada mereka. Salah satunya adalah ketergantungan dan kemalasan.

Anak yang hidupnya tergantung dengan gadget akan lebih malas berinteraksi sosial secara langsung. Mereka juga tidak akan bisa melakukan apapun jika sedang tidak memegang gadget tersebut.

Sayangnya, banyak orang tua yang tak menganggap hal ini sebagai sebuah masalah. Dengan memberikan gadget, orang tua merasa anak mereka tidak akan rewel dan bisa diatur.

Jadi, masih mau racuni anak dengan gadget?

About serambimata

Terus menulis

Posted on 30 Oktober 2014, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. aduh serba salah jadinya…..kita jadi orang tua harus pandai2 kalau gitu….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: