Rekruitmen PNS Guru dan Tenaga Medis Jalan Terus Di Era Jokowi-JK

image

SERAMBIMATA – Para guru dan tenaga medis akhirnya boleh bernafas lega, pasalnya kebijakan pemerintah untuk menghentikan sementara atau moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak berlaku bagi guru dan tenaga medis. Hal ini sekaligus menjawab kekawatiran ribuan guru dan tenaga medis yang sangat berharap akan diangkat atau lulus PNS, selain juga karena masih banyak lembaga pendidikan yang masih kekurangan tanaga guru.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) sudah menyatakan, pemerintahan Jokowi-JK akan menghentikan sementara atau moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kebijakan ini dimulai tahun depan dan akan dikaji kemungkinan pelaksanaannya hingga lima tahun.

Menteri PAN dan RB Yuddi Chrisnandi mengatakan pemerintahan Jokowi-JK masih mengkaji ulang penerimaan PNS baru di seluruh kementerian. Kementerian yang baru dibentuk seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman tidak diberikan PNS baru, hanya boleh menggunakan PNS yang lama.

“Misalnya, Kemenko Maritim butuh dirjen, itu bisa diambil dari staf ahli wapres sesuai dengan arahan Pak Jokowi dan Pak JK,” ujar dia di Kantor KemenPAN dan RB, kemarin.

Dia menyebutkan alasan penghentian sementara penerimaan PNS. Menurutnya, penambahan PNS hanya akan menambah beban negara dari belanja pegawai yang setiap tahun mengalami kenaikan. Namun, kata dia, untuk tenaga pengajar dan tenaga medis tetap dibuka.

“Jadi guru-guru dan tenaga medis tenang saja. Guru-guru tetap ada, tenaga medis tetap ada. Tetapi, yang sudah ada (rekrut CPNS) tetap misalnya ada testnya, ya terus,” kata dia.

Menurut dia, beban negara dalam postur anggaran saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, pemerintahan Jokowi-JK sepakat mengkaji ulang penerimaan CPNS baru tersebut.

“Ini kan menambah beban negara. Banyaknya obligasi yang dijual, utang di negara lain, lalu ratusan triliun subsidi yang besar. Ini kan bakal menambah belanja pegawai. Makanya, ini masih dikaji ulang lagi,” pungkas dia.

Posted on 1 November 2014, in Ekonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Alhamdulillah ikut senang mendengarx…..semoga benar2 terjadi

    Suka

  2. Untuk rekan2 tenaga honorer atau calon pelamar CPNS 2016/2017, Mulai sekarang agar kiranya mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS Tahun 2016/2017 nanti, Penerimaan CPNS Akan dilakukan dengan sistem CAT ( Computer Assisted Test ) Jika ingin Lolos msk jadi PNS,tidak ada salahnya kita langsun Kordinasi Kepala Biro Kepegawaian di BKN PUSAT Bpk Drs Iwan Hermanto Soetjipto, M.INF.Sys. No Tlp; 085211128149 beliau selaku Direktorat Pengolahan data di kntr Bkn pusat. Muda2an bpk masih mau membantu anda seperti saya kemarin, Alhamdulilla akhirnya saya Lolos masuk jd PNS, Terimakasih kepada Bpk. Drs Iwan Hermanto Soetjipto, di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah NIP dan SK Saya Tahun ini Bisa keluar.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: