Lagi, Cristiano Ronaldo Catat Rekor di Piala Eropa

image

SERAMBIMATA – Satu lagi rekor yang dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo. Gol tunggalnya ke gawang Armenia menjadikan Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa.

Ronaldo jadi penentu kemenangan Portugal atas Armenia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Estadio Algarve, Faro, Sabtu (15/11/2014) dinihari WIB. Dia mencetak satu-satunya gol untuk memastikan A Seleccao das Quinas menang 1-0.

Tambahan satu gol membuat Ronaldo mencetak total 23 gol dalam 37 pertandingan Piala Eropa, baik di babak kualifikasi maupun putaran final. Jumlah tersebut menjadikannya top skorer sepanjang masa Piala Eropa.

CR7 memecahkan rekor sebelumnya yang tercatat atas nama Jon Dahl Tomasson dan Hakan Sukur. Tomasson mengemas 22 gol dalam 31 laga bersama Denmark (1998–2007). Sementara itu, Sukur mencetak 22 gol dalam 38 pertandingan bersama Turki (1994–2007).

“Apa nilai penting rekor Cristiano Ronaldo? Itu sangat penting untuknya, untuk tim, untuk negara ini, dan tentu saja untuk saya sebagai pelatih,” komentar pelatih Portugal, Fernando Santos, di Soccerway.

Gol pertama Ronaldo di ajang Piala Eropa tercipta di putaran final tahun 2004, saat Portugal jadi tuan rumah. Dia mencetak satu gol saat timnya kalah 1-2 dari Yunani — yang akhirnya keluar sebagai juara– di babak grup. Dia mencetak satu gol lagi untuk membantu Portugal mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal.

Dalam perjalanan Portugal menuju Piala Eropa 2008, Ronaldo mencetak delapan gol di babak kualifikasi. Tapi, dia cuma membukukan satu gol di putaran final, di mana Portugal terhenti di babak delapan besar.

Ronaldo juga produktif di Kualifikasi Piala Eropa 2012 dan mencetak tujuh gol, termasuk dua gol dalam play-off melawan Bosnia-Herzegovina. Di putaran final, penyerang Real Madrid itu menciptakan tiga gol dan mengantarkan negaranya hingga semifinal.

Ronaldo sejauh ini telah mencetak dua gol di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Sebelum membobol gawang Armenia, dia mencetak gol tunggal yang memenangkan Portugal atas Denmark, bulan Oktober silam.

“Saya tahu ini (jadi top skorer sepanjang masa Piala Eropa) akan terjadi cepat atau lambat dan saya tak terobsesi dengan hal tersebut karena saya masih akan sering bermain untuk tim nasional,” ucap Ronaldo di situs resmi UEFA.

“Tapi, tentu saja saya senang, terutama karena saya memecahkan rekor di Portugal, di hadapan suporter kami. Ini adalah momen spesial lainnya bagi saya dan saya yakin ini akan masuk galeri saya,” katanya.

Berkat kemenangan atas Armenia, Portugal kini menempati posisi kedua di klasemen sementara Grup I. Mereka mengumpulkan enam poin dari tiga laga, terpaut satu poin

Posted on 15 November 2014, in Sport and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: