Pilih Mobil Diesel Atau Bensin ? Ini Dia Keunggulan Keduanya.

image

SERAMBIMATA – Pepatah mengatakan, menentukan jenis mobil yang tepat untuk Anda dan keluarga ibarat gampang-gampang susah. Turut jadi pertimbangan, dua jenis pilihan mesin kendaraan, yaitu mobil bertenaga bensin atau diesel.

Gaya hidup, gaya menyetir dan lokasi tempat tinggal turut memainkan peran penting dalam menentukan jenis mesin mobil apa yang paling cocok untuk diboyong.

Dilansir dari Carmudi, berikut adalah komparasi keunggulan dari mesin bensin ataupun diesel.

Tawaran Mesin Bensin

1. “Go Green

Meskipun mesin diesel menghasilkan tenaga yang lebih besar dan lebih hemat bahan bakar, mesin diesel memproduksi lebih banyak gas CO2 (sekitar 2.68kg gas CO2 per liter), yang bila dibandingkan dengan mesin bensin hanya memproduksi sekitar 2.31 kg gas CO2 per liter.

2. Maintenance lebih rendah

Meskipun mobil bensin lebih boros bahan bakar, biaya servis atau maintenancenya lebih rendah dibandingkan mobil diesel. Sebagai perbandingan, biaya servis umum sebuah Toyota Innova Bensin sejumlah Rp 530.000,- dan untuk Toyota Innova Diesel sejumlah Rp 950.000,- di wilayah Jabodetabek.

Tawaran Mesin Diesel

1. Efisiensi

Berkat rasio kompresi yang tinggi, mesin diesel terbukti lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin bensin. Tenaga yang diproduksi mesin diesel berada di jajaran 30 persen dimana tenaga produksi mesin bensin berada di 15 persen, membuktikan bahwa mesin diesel lebih bertenaga

2. Sanggup melewati medan sulit

Apabila Anda menyukai bepergian ke daerah pegunungan atau menyetir off-road, mobil bermesin diesel yang memiliki torsi lebih besar lebih cocok untuk Anda. Mobil diesel cocok untuk perjalanan berbukit, berpasir, berbatu, dan untuk kendaraan berbeban berat.

3. Harga Jual lebih tinggi

Mobil diesel sudah pada umumnya memiliki harga pasaran lebih tinggi dibandingkan mobil bensin. Hal ini disebabkan karena biaya yang lebih tinggi untuk memproduksi mobil diesel. Contohnya adalah harga (OTR) On-The-Road untuk New Toyota Fortuner 2.5 G M/T TRD Diesel di kisaran Rp 440, 1 juta, sedangkan harga versi bensinnya sejumlah Rp 409,6 juta.

Meskipun mobil bensin memiliki harga pasaran yang lebih murah, Anda harus tetap mencatat bahwa harga jual kembali mobil diesel juga akan lebih tinggi. Sebagai contoh, Toyota Fortuner 2012 Type G A/T bensin, berwarna hitam memiliki harga jual kembali sekitar Rp 318 juta, sementara itu Toyota Fortuner 2012 Type G A/T diesel berwarna hitam berada di kisaran Rp 350 juta.

image

Pilih Bensin Atau Diesel?

Apabila Anda biasa berkendara jarak jauh yang menambah jumlah kilometer pemakaian di mobil Anda, mobil diesel mungkin dapat menjadi pilihan lebih cocok.

Apabila Anda biasa berkendara di wilayah kota Anda dalam jarak tempuh relatif dekat, akan lebih bijak untuk berinvestasi di mobil bensin yang meskipun lebih boros dari segi konsumsi bahan bakar, memiliki biaya maintenance lebih murah.

Posted on 16 November 2014, in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. setuju pak memang dasyat

    Suka

  2. maksudx setuju pilih mobil diesel pak……soalx jarak tempuhku jauh pak

    Suka

  3. Terus gimana dengan kendaraan umum seperti Taksi? Nyaris semua Taksi di Jawa menggunakan Mesin Bensin seperti Toyota Limo, Honda Mobilio, dll yang kerjanya berat, sering stop and go walaupun seringkali Taksi Reguler dipakai untuk mengantar penumpang dalam kota.

    Suka

  4. Yang pakai diesel biasanya ada unsur seneng pada mesinnya, ada keasyikan dan sensasi tersendiri merasakan suara dan getarannya

    Suka

    • Ditambah lagi, hampir semua mesin peralatan berat seperti Paku Bumi, Buldoser, Forklift, Mesin Diesel Industri dan mesin kendaraan penumpang ukuran besar seperti Kapal laut, Kereta Api, Truk, Bus, dll menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga utama nya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: