Solusi BBM Naik, Mahasiswa Indonesia Tawarkan Sepeda Motor Bertenaga Air

image

SERAMBIMATA – Sepeda bertenaga air? Ah, yang benar saja, masak air bisa menggerakkan mesin?. Memang, siapapun yang mendengarnya pasti tidak percaya. Tapi para putra terbaik Indonesia telah membuktikan kalau sepeda motor bisa bergerak dengan tenaga air.  Meskipun dicampur dengan bioetanol, mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menjadikan air sebagai bahan bakar motor. Percaya atau tidak, temuan ini bisa jadi solusi naiknya harga Bahan Bakar Mesin (BBM) yang diputuskan pemerintah baru-baru ini.

Sepeda motor standar dimodifikasi berbahan bakar bioetanol plus air. Sebanyak 500 mili air tampak diletakkan tepat di jok belakang, berdampingan dengan bioetanol di dalam sebuah tempat transparan.
Hebatnya, air tersebutlah yang digunakan untuk menjadi bahan bakar menembus 300 kilometer perjalanan. Team auto Physics (TOP) Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil melaunching sepeda motor berbahan bahan bioetanol plus air alias tanpa premium, dan sepeda motor berbahan bakar premium plus air untuk hemat premium, setelah beberapa tahun mengalami try and error di Biro Rektor USU, Rabu (19/11/2014).

Launching sepeda motor tersebut merupakan hasil support dari Pertamina yang akan segera mempatenkan karya mahasiswa Fakultas MIPA USU tersebut di Jakarta pekan depan. (Baca: Mobil Listrik Mahasiswa Teknik Elektro USU Diuji)
“Ini menjawab tuntutan masyarakat, khususnya karena bbm naik, global warming dan krisis energi. Bukan kebetulan karena bbm yang baru saja naik, tapi ini merupakan kesadaran mahasiswa untuk segera menyelesaikannya sesegera mungkin yang kebetulan selesai dengan pasca dinaikkannya BBM,” ujar Dr Tulus Ikhsan Nst, Dosen pembimbing, inventor TOP USU usai launching sepeda motor di hadapan pihak pertamina dan perwakilan rektor USU.
Menurutnya, tidak ada yang sia-sia walaupun sejak 2009 bergumul dengan peralatan yang tidak memadai, dan percobaan demi percobaan yang beberapa kali mengalami kegagalan.
Tapi teamnya yang terdiri dari sepuluh mahasiswa jurusan Fisika ini tidak mau berhenti mencoba hingga akhirnya berhasil menuangkan 100 persen ilmu Fisika untuk mengkonsep sepeda motor ajaib yang sebentar lagi akan dipatenkan dan dipamerkan oleh Pertamina.
“Kita mendapat sokongan dari Pertamina, Pertamina membiayai ide kami ini hingga akhirnya sepeda motor yang diciptakan untuk menjawab tuntutan masyarakat Indonesia khususnya kota Medan dapat segera terealisasi. Tidak menutup kemungkinan setelah dipatenkan dan mendapatkan paten granted, sepeda motor ini bisa layak dipakai semua orang,” katanya.

Sementara itu M Iqbal, anggota TOP USU, mahasiswa semester 5, menuturkan tidak perduli pandangan orang sekelilingnya terhadap hasil karya teamnya yang dianggap sebelah mata karena pengerjaannya yang cukup memakan waktu. Pasalnya, hal itu kini telah dibuktikan dengan dilaunchingnya karya team mereka.
“Hasil dari karya ini, kami diajak oleh Pertamina untuk mengikuti pameran teknologi, dan kunjungan industri ke kilang Cilacap. Ini sebuah kebanggaan untuk team kami, berawal dari keinginan atau ide untuk memberikan kontribusi membantu masyarakat. Kini kami diberikan kesempatan untuk terus memperbaharui temuan kami, untuk bukan sekadar memberikan ide tapi merealisasikannya,” kata Iqbal.

Menariknya lagi, sepuluh mahasiswa Jurusan Fisika USU ini tidak menambahkan bahan kimia dalam proses pembuatan karya mereka tersebut. Mereka benar-benar menuangkan ilmu Fisika dalam konsep sehingga mengenyampingkan tawaran atau bantuan orang lain yang menawarkan mereka untuk menggunakan bahan kimia.
“Kami tidak ingin meniru atau mengikuti orang lain, ini karya kami, konsep kami, jadi inilah kami dengan karya kami yang masih baru, belum ada di tempat lain ide ini,” katanya.

Posted on 20 November 2014, in Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Mantab bro..lanjutkannn..🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: