Mendikdasmen Canangkan Upah Minimum Bagi Guru Honorer

image

SERAMBIMATA – Satu lagi kabar baik bagi para guru terutama guru non PNS yang selama ini diketahui bergaji minim. Pasalnya Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan berencana meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga pendidik dengan batas Upah Minuman. Hal itu dipandang perlu karena menurutnya guru tidak akan bisa bekerja dengan baik kalau penghargaan yang yang diterimanya sangat rendah seperti yang terjadi selama ini.

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar-Menengah Anies Baswedan mengatakan, pemerintah masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan rumah terkait pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah kesejahteraan tenaga pendidik.

“Saya tadi katakan masih banyak PR pemerintah yang belum ditunaikan. Kita harus akui, kita belum lakukan dengan baik,” ujar Anies seusai upacara peringatan Hari Guru Nasional di kantornya di Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Anies mengatakan, hal yang harus diperhatikan dalam kesejahteraan guru misalnya status kepegawaian tenaga honorer. Ia menambahkan, selain statusnya tidak jelas, gaji mereka pun cenderung rendah.

“Tenaga kerja saja punya upah minimum, guru tidak ada upah minimum. Kita harus kembalikan, harus ada batas minimum untuk guru karena tidak bisa guru bekerja seperti sekarang,” kata Anies.

Anies mengatakan, pihaknya akan membahas mengenai upah minimum guru bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi. Upah minimum tersebut, kata Anies, rencananya diberlakukan untuk guru honorer dan yang berstatus kontrak.

“Karena sekarang ini, kontrak tidak ada pagunya. Kemarin saya sudah bicara dengan Menpan bahwa kita harus tetapkan batas sehingga gaji guru jangan sampai Rp 150.000, basa-basi itu, bukan gaji itu,” ujar Anies.

Posted on 26 November 2014, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Rachmat ardiansyah

    Mudah mudahan bisa terlaksana secepatnya pak Mentri….dengan gaji sebulan 600.000 buat makan dan transpot saja sudah kurang terus bagaimana guru bisa konsens melaksanakn dengan proposioanal bandingkan dengan penghasilan karyawan DKI yang 2,7juta dengan komanya saja penghasilan guru honorer sudah kalah….doa kami buat pak Anies “moga Allah Senatiasa Menjadikan Beliau tetap Istikomah dalam kebaikan Senantiasa di kekuatan dalam menjalankan tugas”…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: