Percayakah Anda? Kalau Ciuman Orang Tua Bisa Membuat Anak Kebal Penyakit

image

SERAMBIMATA – Memcium anak adalah bentuk kasih sayang orang tua terhadap mereka. Seakan ada ikatan yang begitu kuat ketika ciuman itu didaratkan ke pipi atau kening anak. Tapi tahukah anda, bahwa ciuman itu tidak hanya sekedar simbol bagi kasih orang tua terhadap anak dan kuatnya ikatan antara keduanya, tapi lebih dari itu, ciuman pada anak ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Percaya atau tidak, begitulah hasil sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini.

Membantah penelitian dari Belanda yang menyebutkan ciuman bisa mentransfer 80 juta bakteri, pengarang buku ‘the Science of Kissing’,Sheril Kirshenbaum malah berpikir sebaliknya. Dia bahkan mengatakan, ciuman pada anak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

“Ciuman bukan tentang pertukaran bakteri atau mencumbu pasangan, tapi lebih dari itu. Dengan mencium anak, jalur saraf dalam otak bayi akan mengasosiasikan berciuman sebagai emosi positif yang terkenang terus sepanjang hidupnya. Dia akan merekam memori bahwa ia disayang sekaligus mendapat stimulasi yang membuatnya kebal penyakit,” ujar Sheril, seperti dikutipDailymail, Sabtu (22/11/2014).

Sheril melanjutkan, ciuman akan menghasilkan sinyal kimia yang disebut hormon oksitosin (cinta) lantaran miliaran koneksi saraf kecil menyebarkan informasi ke seluruh tubuh.

“Adanya hormon ini bisa menekan hormon kortisol (stres) sehingga mengurangi kegelisahan. Artinya, dengan mencium pasangan atau anak, Anda bisa merasa rileks. Dan semakin memberikan stimulasi positif bagi si kecil,” jelasnya.

Posted on 27 November 2014, in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: