Anies Baswedan Malu Mengetahui Gaji Guru Non PNS

image

SERAMBIMATA – Siapa yang tidak terenyuh mengetahui besaran gaji guru non PNS yang selama ini juga punya andil besar mencerdaskan anak-anak bangsa. Pendapatan mereka yang minim juga mengundang keprihatinan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan, bahkan Menteri yang belum dua bulan ngurusi pendidikan di Indonesia ini mengaku malu melihat gaji guru Non PNS. Mengapa ? Lalu, apa yang akan ia lakukan?

Penghasilan guru honorer satu dari sekian persoalan yang belum bisa dituntaskan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menilai persoalan tersebut tanggung jawab negara.

“Kita harus tanggung jawab, kita harus atur. Jika belajar sebagian guru menggunakan kontrak maka harus jelas aturannya,” kata Anies saat luncurkan aplikasi Senayan Library Management System di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Anies berjanji akan membuat aturan baku mengenai penghasilan guru-guru bukan honorer. Namun, ia masih enggan menyebut aturan baku tersebut dinamakan Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Kami tidak pernah mau menyebutnya upah. Kita belum ketemu namanya. Intinya ada perhitungan yang terstandarkan, jangan karena guru bukan pegawai tetap, imbalannya tidak jelas. Saya malu melihatnya,” imbuhnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengaku, kompesasi yang diterima para pengajar tidak sesuai dengan tugas yang diembannya. Permasalahan tersebut dinilai menjadi tanggung jawab bersama.

Ia menjanjikan bakal ada batas minimun gaji yang diterima guru. Ia berusaha mencari solusi bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk menetapkan batas minimum penghasilan

Posted on 30 November 2014, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: