Siapa Bilang Penderita Diabetes Tidak Bisa Makan Enak ?

image

SERAMBIMATA – Bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja menjadi salah satu permasalahan yang dirasakan oleh para pengidap diabetes melitus (dm) tipe 2. Karena tak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup untuk memproses glukosa, muncul anggapan bahwa pasien dm tipe 2 tidak boleh lagi makan yang enak-enak.

Padahal tidak seperti itu. Menurut dokter spesialis gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, dr Nurul Ratna Manikam, SpGK, pasien dm tipe 2 boleh saja makan enak. Hanya saja, porsinya harus diperketat alias tidak boleh banyak-banyak.

“Sebenarnya sama saja. Boleh makan apa saja seperti yang lainnya asal porsinya diatur, jangan terlalu banyak,” tutur dr Nurul ketika ditemui di sela-sela acara Diabetes Family Gathering di KDK FKUI Kayu Putih, Jl Pondasi, Kp Ambon, Jakarta Timur, seperti ditulis Senin (1/12/2014).

Salah satu makanan enak yang dirindukan oleh para pengidap diabetes adalah gorengan. Karena memiliki kalori tinggi, dikatakan bahwa pengidap diabetes tak boleh mengonsumsi gorengan.

Padahal menurut dr Nurul sah-sah saja jika pengidap diabetes ingin makan gorengan. Hanya saja ada batas maksimalnya. Yaitu hanya dua potong gorengan dalam satu hari.

“Jadi misalnya sarapannya pakai tempe goreng, siangnya makan lele goreng, ya tidak apa-apa. Tapi sudah cukup, dua saja. Malamnya tidak boleh lagi makan gorengan,” tandasnya.

Tidak terbatas pada gorengan, dikatakan dr Nurul bahwa makanan apapun bisa dimasak menjadi enak. Sayurnya misalnya, tak melulu harus sayur bening atau dilalap. Bisa juga dioseng dengan menggunakan sedikit minyak.

Makanan enak lain yang dirindukan para pengidap diabetes adalah buah-buahan manis asli Indonesia seperti durian, dukuh, pepaya dan lainnya. dr Nurul memang tidak menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan ini karena memang rasanya terlalu manis. Namun jika pengidap diabetes mampu mengontrol gula darah, tak masalah mengonsumsi dukuh dan pepaya asal tak terlalu banyak.

“Durian saya rasa tidak (boleh) ya. Tapi memang kalau pingin banget ya satu aja buat menghilangkan penasaran. Sama seperti dukuh dan rambutan, empat atau lima buah saja. Dipilihnya jangan yang terlalu matang,” tandasnya.

Posted on 1 Desember 2014, in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Terlalu banyak mitos yang terdapat dalam kasus diabetes

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: