Mulai 1 Januari 2015 Tunjangan Sertifikasi Guru Non PNS Kemenag Naik

image

SERAMBIMATA – Guru madrasah di lingkungan Kemenag dan guru pendidikan agama di lingkungan Kemenag dan Kemdikbud  yang masih berstatus guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS) patut bersyukur karena mulai tahun 2015 tunjangan sertifikasi untuk mereka akan dinaikkan. Hal itu didasarkan pada Ketentuan Tunjangan Profesi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil itu yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama No 43 Tahun 2014 yang ditandatangani Menteri Lukman Hakim Saifudin, tertanggal 17 Oktober 2014.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama itu, tunjangan profesi itu diberikan GBPNS yang telah memiliki sertifikat pendidikan dan nomor registrasi guru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Pasal 6 ayat 1 Peraturan Menteri Agama No 43 Tahun 2014 dinyatakan bahwa mulai 1 Januari 2015. Tunjangan profesi bagi GBPNS yang telah memiliki jabatan fungsional guru diberikan setara dengan gaji pokok PNS pada pangkat golongan jabatan dan kualifikasi akademik yang sama sesuai dengan penetapan inpassing jabatan fungsional guru yang bersangkutan. Sedangkan bagi GBPNS yang belum memiliki jabatan fungsional guru atau belum disetarakan dengan jabatan pangkat golongan dan kualifikasi akademik yang berlaku bagi guru PNS diberikan tunjangan profesi sebesar Pp 1 500 000, (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun bagi guru yang barus lulus mengikuti PLPG, Tunjangan profesi GBPNS dibayarkan mulat bulan Januari tahun berikutnya terhitung sejak tanggal yang bersangkutan dinyatakan lulus ujian sertifikasi guru sebagaimana yang tercantum dalam serifikat pendidik dan pembayarannya dilakukan setelah memperoleh Nomor Registrasi Guru atau (NRG).

Tunjangan profesi atau sertifikasi guru diberikan kepada GBPNS dengan empat ketentuan:
Pertama, memiliki beban kerja guru paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu bagi guru mata pelajaran atau sebagai guru kelas.
Kedua, beban kerja guru paling sedikit 6 jam tatap muka per minggu bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah dan atau madrasah.
Ketiga, beban kerja guru paling sedikit 12 jam tatap muka per minggu bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah dan atau madrasah.
Keempat, tugas bimbingan kepada paling sedikit 150 peserta didik bagi guru bimbingan dan konseling.

Pada Pasal 4 ayat 1 Peraturan Menteri Agama No 43 Tahun 2014 dinyatakan bahwa  Apabila GBPNS tidak dapat mernenuhi beban kerja paling sedikit 24 jam tatap muka dapat diberi tugas sebagaI berikut :
a. Mengajar di sekolah atau madrasah lain baik negeri maupun swasta sesuai mata pelajaran yang diampu;
b. Menjadi guru bina/pamong pada pendidikan terbuka; atau
c. Mengajar pada program kelompok belajar Paket A Paket B dan /atau Paket C sesuai bidangnya.

Sedangkan GBPNS yang tidak mendapat tugas tambahan sebagai kepala madrasah atau sekolah atau bukan guru kelas wajib melaksanakan beban kerja paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka perminggu pada satuan pendidikan tempat guru diangkat sebagai guru tetap, sebelum mendapat tugas tambahan di tempat lain.

Adapun persyaratan pencairan tunjangan profesi Guru GBPNS sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No 43 Tahun 2014 adalah:
a. Fotokopi penetapan inpassing atau penetapan kepangkatan dan jabatan fungsional GBPNS, bagi yang sudah memiliki;
b. Fotokopi sertifikat pendidik yang dilegalisasi oleh LPTK/PT yang menerbitkannya bagi GBPNS yang menerima pembayaran pada tahun pertama;
c. Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK) asli. SKBK diterbitkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota berdasarkan Surat Keterangan Menjalankan Tugas (SKMT) yang diterbitkan oleh kepala satuan pendidikan. SKBK diterbitkan untuk setiap enam bulan (satu semester) atau sesuai dengan kaiender akademik yang berlaku,
d. Fotokopi buku rekening bank yang masih berlaku.

Posted on 9 Desember 2014, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. 45 Komentar.

  1. jebule yang naik itu GBPNS yang inpasssing ya pak~!

    Suka

  2. halo pak,maksudnya guru non pns yg lulus infassing aja yg naik tunjangannya.atau semua guru yg sdh memiliki sertifikat pendidik,bls.

    Suka

  3. mohon tunjangan sertifikasi tetap di lanjutkan

    Suka

  4. infasing guru PAI di sekolah negeri ada ga sih?

    Suka

  5. siip pak.mga dipercepat inpassingy y…dtggu

    Suka

  6. Pak kapan kira-2 pencairan nih ? Beritanya simpang siur dari januari lalu ke bulan 3 Ada lg yg bilang bulan 4, Belakangan beredar kabar pencairan antara agustus-September 2015 yg betul kapan pak

    Suka

  7. Sa'duddin Attaftazani

    Sebagai rekan sesama guru sy turut berbahagia dengan adanya SK ini….mudah2an pd implementasinya tidak ada kendala…..amin

    Suka

  8. dayat hidayatullah

    engalan atuh cairken,tos te kiat pokok namah lah?

    Suka

  9. PENGORBANAN YANG TAK SIA-SIA, MEMBUAHKAN HASIL KELULUSAN SEBAGAI GURU SERTIFIKASI.

    NAMA SAYA – IMRAN DAULAY# UKG SERTIFIKASI 2013
    Pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur yang terdalam kepada sahabat saya yang banyak membantu keberhasilan saya bisa menjadi guru sertifikasi hingga saat ini dan tak lupa aku ucapkan banyak terima kasih kepada doa dan dukungan semua keluarga besar saya.
    Di sini saya akan bercerita tentang kisah nyata dalam kebenaran dan keberhasilan saya bisa lulus SERTIFIKASI GURU. Berawal dari sebuah sahabat saya yang sudah begitu lama tidak pernah bertemu, 12 tahun lamanya , saya baru bertemu dengan sahabat saya. Awal pertemuan kami itu pada saat saya mengajukan pendaftaran sertifikasi guru (SERGU) untuk yang kedua kalinya. Ada banyak tangis dan haru ketika saya bertemu, dan sangat banyak hal menjadi perbincangan kami berdua, akhirnya dia bertanya kepada saya, kenapa ada map ditangan kamu, apa isihnya map itu dan saya dengan nada malu, menjawab isinya hanya kertas biasa. Terus sahabat mengambil map itu dari tangan saya dan melihat isi map itu dan sahabat saya mengatakan waduh ternyata kamu mau mengajukan pendaftaran SERTIFIKASI. DAN saya tidak habis pikir ternyata sahabat lama saya ini adalah Salah satu STAF KEMENDIKBUD dengan posisi jabatan sebagai KASUBDIT Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik) KEMENDIKBUD yang ber’ Alamat :Komplek Kemendikbud Gd. D lt. 16. Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Akhirnya sahabat saya yang mengurus semuanya sampai saya LULUS, Nama Sahabat saya adalah Drs. SAFRI HAMIL, KASUBDIT Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik) KEMENDIKBUD, ini saya titip NO HP SAHABAT saya 085-756-190-217 Saya berharap SEMOGA BPK Drs. SAFRI HAMIL, bisa membantu bagi yang sedang membutuhkan bantuannya bisa meluluskan SERTIFIKASI seperti saya.

    WASSALAM

    Suka

  10. tunjangan tahun ini ternyata masih 1.500.000,- katanya (seksi PAIS kemenag Kab. Bantul DIY) blm ada juknis dari pusat. pdhl saya sdh inpassing per Desember 2011. tahun 2013 pernah terima 4 bulan tp suruh mengembalikan…

    Suka

  11. katanya untuk tahun 2015 kok kemarin pas kami2 pemberkasan belum memakai sk impassing padahal kami sudah memiliki sk impassing……………….

    Suka

  12. Bapk2 guru yang tahu info tentang infassing tlg di bagi donk…

    Suka

  13. Jumroni, S.Pd.I

    @ Supriyanto, S.Pd.I : Sampai saat ini belum ada lagi pengajuan untuk inpassing di lingkungan Kementerian Agama, Berdasarkan PMA No. 43 Tahun 2014 Guru yang sudah sertifikasi dan mempunyai Sk.Inpassing maka Tunjangan profesinya dibayarkan sesuai dengan Pangkat dan Golongan yang tertera pada SK tersebut…berlaku Januari 2015..namun Kementerian Agama Pusat masih kekurangan dana sebesar 1,2T untuk membayar inpassing tersebut, namun demikian Kementerian Agama sudah mengususlkan kekurangan 1,2T tersebut ke Bapennas, Posisi Kemenag Pusat saat ini masih menunggu dana tersebut.

    Suka

  14. KISAH NYATA PNS
    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua, Kisah Sukses Seorang PNS.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2012 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 BEKASI TIMUR, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk DR.SULARDI,MM no HP Beliau: 0859-3298-8133 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2014 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk DR. SULARDI,MM Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berdiri diatas kaki sendiri maka tidak ada kata mustahil selama kita masih memiliki keyakinan & kerja keras untuk mencapai tujuan hidup ini. Walaupun selama 5 tahun tidak penerimaan CPNS, tetapi itu bukan hal yang bisa buat kita terjatuh, apapun itu. Dan beliau berkata selalu ada jalan selama kita mau melalui jalan itu, Terakhir Penyampaian beliau ke saya bahwa selama kamu Atau Teman, dan keluarga kamu membutuhkan saya UNTUK memasukkan Kamu sebagai PNS maka saya akan siap membantumu dan saya akan selalu ada pada posisi dimana tidak akan ada yang bisa menghalangi keputusan/kebijakan saya.
    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku
    -Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor Bpk DR.SULARDI,MM No Hp 085-756-190-217

    Disukai oleh 2 orang

  15. saya seorang guru non PNS di sekolah swasta lulus sertifikasi 2011 dan juga mendapat SK Inpassing 2011, dengan adanya aturan baru berkaitan dengan juknis baru BOS yang mengatur tentang operasional BOS tahun 2015 ini, salah satunya guru non PNS yang sudah lulus sertifikasi baik yang sudah pernah cair maupun belum pernah cair tidak boleh di gaji melalui dana BOS, maka, saya berharap bagi pemerintah untuk mencairkan gaji/tunjangan sertifikasi dan inpassing bagi guru non PNS setiap bulan dengan kata lain melekat gaji per bulan. hal ini kenapa kami sangat berharap? hal ini disebabkan kami adalah manusia yang perlu hidup dan perlu disejahterakan dan guna mensejahterakan keluarga, toh kita bayangkan saja, seandainya penghasilan/pekerjaan kita cuma wiyata bhakti saja dan tidak punya sampingan pekerjaan lain dan dari sekolah sudah tidak diberi gaji dan sertifikasi kadang tidak menentu cair nya. hidup kami akan seperti apa? (lepas dari kata takdir Allah).

    Suka

  16. kalau saya lulus sertifikasi thn 2009 sedangkan inpassingnya 2011 sedangkan sampai 2015 ini belum menerima sama sekali, kalau besok nerima inpassing itu dihitung mulai tahun 2015 atau 2011

    Suka

  17. saya punya teman gbpns yg ngajar di sekolah negeri, untuk 2014 dibayarkan sertifikasinya walaupun 4 bulan belum terbayarkan,tetapi untuk 2015, kayanya dia akan mengalqmi sperti yg dialam igbpns dari dinas pendidikan, dinas pendidikan tidak mau mengeluarkan sk inpassing karena dia ngajar di sekolah negeri. Seharusnya dia sudah diangkat di kategori 2, tetapi terkalahkan oleh yg muda, ga tau alasan yg muda ko bisa diangkat ya? inilah dilema gpai di lingkungan dinas pendidikan sertifikasinya di kemenag,,,sebenarnya siapa yg berhak mengeluarkan sk inpassing bagi gbpns yg ngajar di sekolah negeri? saya hanya enyampaikan aspirasi teman saya yg gbpns, karena saya sendiri sudah tidak ada masalah apapun, makasih

    Suka

  18. Saya guru di madrasah sertifikasi, prosedur sertifikasi sebenarnya seperti apa sih?

    Suka

  19. kapan atuh cairnya sertifikasi guru Madrasah yang tahun 2014 dari september s.d. desember belum cair dan saya sudah masuk infassing diajukan dari januari 2015 belum juga cair,

    Suka

  20. KISAH SUKSES Lolos Jadi PNS Guru di Lingkungan Pemda daerah JAWA TIMUR.assalamu Alaikum wr wb-, Saya Ingin Berbagi cerita kepada Anda, Bahwa dulunya Saya hanya Seorang tenaga Honorer di Sekolah Dasar LAMONGAN JATIM. Sudah 8 Tahun Saya Jadi Tenaga honorer Belum diangkat Jadi PNS,Bahkan Saya Sudah berkali2 mengikuti Ujian, Dan membayar 40jt namun hasilnya nol Uang pun TIDAK Kembali, bahkan Saya Sempat putus asa,Namun Teman Saya memberikan no tlp Bpk.Drs DEDE JUNAEDY M.Si Selaku petinggi di BKN Pusat Yang di Kenalnya selaku kepala DIT Pengadaan PNS. Saya pun coba menghubungi beliau Dan beliau menyuruh Saya mengirim Berkas Saya melalui Email, Alhamdulillah No Nip Dan SK Saya Akhirnya Keluar. Allhamdulillah tentunya sy pun Sangat Gembira sekali,Jadi apapun keadaan Anda skarang Jangan Pernah putus asa Dan Terus berusaha, kalau Sudah Waktunya tuhan pasti kasih jalan,Ini Adalah kisah Nyata Dari Saya. Untuk hasil ini Saya ucapkan terimakasih kepada.1. ALLAH SWT; Karena KepadaNya kita meminta Dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk. Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Drs DEDE JUNAEDY .No Tlp; 085218884597 , Siapa tau beliau Masih mau membantu.

    Suka

  21. mugo lang podo mencair

    Suka

  22. sbnarnya dna untuk inpassing dr pusat dah kluar blum ce?

    Suka

  23. KISAH SUKSES Lolos Jadi PNS Guru di Lingkungan Pemda daerah JAWA TENG.assalamu Alaikum wr wb-, Saya Ingin Berbagi cerita kepada Anda, Bahwa dulunya Saya hanya Seorang tenaga Honorer di Sekolah Dasar Magelang kota JATIM. Sudah 11 Tahun Saya Jadi Tenaga honorer Belum diangkat Jadi PNS,Bahkan Saya Sudah berkali2 mengikuti Ujian, Dan membayar puluhan jt namun hasilnya nol Uang pun TIDAK Kembali, bahkan Saya Sempat putus asa,Namun Teman Saya memberikan no tlp Bpk.Drs DEDE JUNAEDY M.Si Selaku petinggi di BKN Pusat Yang di Kenalnya selaku kepala DIT Pengadaan PNS. Saya pun coba menghubungi beliau Dan beliau menyuruh Saya mengirim Berkas Saya melalui Email, Alhamdulillah No Nip Dan SK Saya Akhirnya Keluar. Allhamdulillah sy Sangat Gembira sekali,Jadi apapun keadaan Anda skarang Jangan Pernah putus asa Dan Terus berusaha, kalau Sudah Waktunya tuhan pasti kasih jalan,Ini Adalah kisah Nyata Dari Saya. Untuk hasil ini Saya ucapkan terimakasih kepada.1. ALLAH SWT; Karena KepadaNya kita meminta Dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk. Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Drs DEDE JUNAEDY .No Tlp; 0822 4333 0869 , Siapa tau beliau Masih mau membantuKISAH SUKSES Lolos Jadi PNS Guru di Lingkungan Pemda daerah JAWA TENG.assalamu Alaikum wr wb-, Saya Ingin Berbagi cerita kepada Anda, Bahwa dulunya Saya hanya Seorang tenaga Honorer di Sekolah Dasar Magelang kota JATIM. Sudah 11 Tahun Saya Jadi Tenaga honorer Belum diangkat Jadi PNS,Bahkan Saya Sudah berkali2 mengikuti Ujian, Dan membayar puluhan jt namun hasilnya nol Uang pun TIDAK Kembali, bahkan Saya Sempat putus asa,Namun Teman Saya memberikan no tlp Bpk.Drs DEDE JUNAEDY M.Si Selaku petinggi di BKN Pusat Yang di Kenalnya selaku kepala DIT Pengadaan PNS. Saya pun coba menghubungi beliau Dan beliau menyuruh Saya mengirim Berkas Saya melalui Email, Alhamdulillah No Nip Dan SK Saya Akhirnya Keluar. Allhamdulillah sy Sangat Gembira sekali,Jadi apapun keadaan Anda skarang Jangan Pernah putus asa Dan Terus berusaha, kalau Sudah Waktunya tuhan pasti kasih jalan,Ini Adalah kisah Nyata Dari Saya. Untuk hasil ini Saya ucapkan terimakasih kepada.1. ALLAH SWT; Karena KepadaNya kita meminta Dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk. Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Drs DEDE JUNAEDY .No Tlp; 0822 4333 0869 , Siapa tau beliau Masih mau membantu

    Suka

  24. ernie Rahman m.pd.k

    pak mentri yg saya kasihi di dalam Tuhan yesus kami sudah mengapdi sejak dari tahun 2005 sampai sekarang trus sudah menjadi guru sertifikasih di thn 2014 tpi ketika kami mau mengurus impasing ke dinas dikpora setempat kususnya kabupaten banggai luwuk, kami tidak perdulikan malahan kami hanya di usir dengan alasan kami masih non pns sedangkan pns hampir2 tdk di buatkan impasing apalagi non pns ,tetpi kami tetap bersukur dan berdoa semoga kedepan lebih baik lagi tentang pengelolhan impasing ,artinya dgn sendirinya kemenag boleh melihat tentang pembayaran sertifikasih tanpa ada sk impasing dapat melihat atau menyesuaikan kesetaran atau kepangkatn sesuai dgn lamanya mengapdi dan jenjang karir seuai dgn prosedur trimakasih pak mentri dan kedepan kami dapat di angkat menjadi cpns tuhan memberkati pak

    Suka

  25. boro boro sampai bln skrag tunjangan setipikasi tdk terrealisasi sebagaimana mestinya yg thn 2014 az 4 bln blm pd cair ditambah 2015 cairna tersendatsendat…udh bln 10 br cair 4 bln …gimana pemerintah tdk pedulikan banget itu sangat berarti buat biaya hidup sehari hari..wacana az trs realisasi kenyataanya tdk ada

    Suka

  26. kapan caitnya buat thn 2015…yg thn 2014 jg 4 bln blm dibayar pa…yg thn 2015 jg br beberapa bln

    Suka

  27. mampir ke blog saya mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: