Kemenag Instruksikan Madrasah Tetap Gunakan Kurikulum 2013

image

SERAMBIMATA – Banyak yang bertanya, bagaimana dengan sekolah yang ada di bawah naungan Kementerian Agama (Madrasah) menyusul keputusan Mendikbud tentang penghentian Kurikulum 2013. Pertanyaan itu tetap saja muncul meskipun madrasah tdk termasuk dari 6.221 sekolah yang direkomendasikan tetap melanjutkan K-13,  karena sesuai instruksi Kemenag madrasah serentak melaksanakan kirikulum 2013 tahun pelajaran 2014-2015 atau baru satu semester. Berikut penjelasan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag menjawab kepastian K-13 bagi Madrasah.

Kementerian agama kabarnya mengirimkan edaran kepada Madarasah untuk tetap menggunakan Kurikulum 2013. Imbauan ini ditujukan untuk menghindari kebingungan di tingkatan madrasah.

Namun demikian penggunaan kurikulum ini akan diberlakukan hingga keluarnya keputusan Kemendikbud mengenai intruksi yang lebih teknis tentang makna Evaluasi Kurikulum 2013. “Kami menunggu kepastian dari pak mendikbud, tentang makna spesifik dari penghantian sementara Kurikulum 2013,” ujar Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin Selasa kemarin (10/12).

Kamaruddin mengaku, Kemenag masih belum mamahami secara pasti makna dari penghentian sementara tersebut.  Menurut dia, makna penghentian sementara atau evaluasi ini bisa bermakna penghentian semua aktivitas terkait pelaksanaan Kurikulum 2013 termasuk pelatihan guru dan pembelian buku yang masih diproyeksikan pada tahun 2015.

“Apa itu berarti maknanya berhenti secara total, tidak kembali ke kurikulum 2013 atau apa? kami menunggu itu,”’ ujarnya.

Dia menjelaskan, Kemenag tidak bermaksud untuk mengambil langkah yang bertentangan dengan semangat Kemendikbud. Namun langkah melanjutkan kurikulum 2013 tetap dia laksanakan untuk menghindari kebingungan lembaga pendidikan khususnya madrasah.

“Sambil kami menunggu, kami juga telah mengirimkan surat secara resmi ke mendikbud untuk menanyakan perihal tersebut. Sambil menunggu keputusan mendikbud keluar, kami meminta kepada madrasah untuk jalan saja terus melaksanakan Kurikulum 2013,” ujar dia.

Dia meminta kepada Madrasah untuk tetap menjalankan kurikulum 2013 seperti biasa hingga lahirnya surat keputusan terbaru. “Jalan aja dulu apa adanya, tidak usah bingung dengan apa yang terjadi. Sampai menunggu pemberitahuna lebih lanjut,” ujarnya.

Posted on 11 Desember 2014, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: