Kapan Sebaiknya Mengganti Rem Mobil, Kenali 4 Tanda Berikut Ini

image

SERAMBIMATA – Rem merupakan salah satu komponen keselamatan paling penting di sebuah mobil. Tanpa adanya rem, mobil tentu tidak dapat berhenti. Rem yang tidak bekerja secara sempurna juga dapat berakibat fatal, salah satunya adalah menabrak kendaraan di depan.

Agar Anda tetap dapat mengemudi dengan nyaman dan aman, selalu pastikan kondisi rem mobil dalam kondisi sempurna. Berikut ini adalah empat pertanda pada rem Anda yang menandakan bahwa rem tersebut sudah saatnya untuk diganti.

1. Kepingan Cakram

Komponen utama rem mobil terdiri dari rotor (atau yang biasa disebut cakram) dan kaliper. Ketika mengerem, kaliper itu akan menjepit cakram hingga mobil berhenti. Seiring mobil yang sering dipakai, berarti cakram tersebut akan semakin tipis, akibatnya proses pengereman pun tak maksimal lagi. Untuk mengeceknya, Anda cukup melihat langsung kondisi cakram tersebut, apakah masih tebal atau sudah tipis. Jika sudah tipis, berarti sudah saatnya cakram tersebut diganti.

2. Bunyi dari Rem

Pertanda rem mobil Anda harus diganti adalah jika rem menimbulkan bunyi aneh yang terdengar hingga ke dalam kabin mobil. Selain bunyi berdecit yang sering terdengar ketika mobil melaju, terkadang juga terdengar bunyi kasar dari rem mobil. Jika yang terdengar adalah bunyi kasar, artinya cakram mobil sudah habis/tipis. Selain tidak akan efektif untuk mengerem, cakram yang sudah tipis juga tidak bagus untuk kaliper rem. Sebelum biaya perbaikan semakin mahal, lebih baik ganti segera komponen rem yang sudah tidak dalam kondisi bagus

3. Berbelok Sendiri

Pernahkah Anda merasa bahwa mobil seolah-olah selalu ingin berbelok sendiri ke arah kiri atau kanan? Jika ya, berarti ada sesuatu masalah pada rem mobil Anda. Salah satunya penyebabnya adalah kaliper yang stuck di salah satu ban sehingga menyebabkan satu ban tersebut secara otomatis mengerem terus, sedangkan ban yang lain bergerak maju.

Namun, mobil yang selalu ingin berbelok secara otomatis tidak hanya karena rem yang bermasalah, tapi bisa juga karena ban yang kempes atau ban yang tidak seimbang.

4. Getaran

Salah satu penyebab mobil yang bergetar adalah pada bagian rem yang bermasalah, tepatnya pada bagian cakram rem. Jika cakram rem tidak dalam kondisi baik, misalnya bergelombang atau bengkok karena mobil sering menghantam lubang, mobil pun akan merasakan getaran.

Selain itu, pengereman pun tidak maksimal karena kaliper tidak dapat menjepit cakram secara sempurna. Jika hal itu yang terjadi pada mobil Anda, berarti harus Anda harus secepatnya mengganti cakram rem.

Posted on 12 Desember 2014, in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. aku habis ganti karena bocorrrrrr

    Suka

  2. lain yang aku sering kali masuk angin jadi harus di pompa dulu jadi di ganti total…..karena bahaya apalagi yg bawa cewek pak

    Suka

  3. hahaha….. ada2 saja pak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: