Polemik K-13, Kemenag Akan Evaluasi Seluruh Madrasah

image

SERAMBIMATA – Inilah pernyataan sikap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyikapi polemik penghentian Kurikulun 2013 (K-13). Ia mengatakan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap seluruh madrasah di bawah naungan kementeriannya, karena menurutnya madrasah saat ini kebingunangan karena yang menjadi fokus penerapan K-13 masih sekolah-sekolah yang di bawah kemendikbud.
Hal ini berbeda dengan pernyataan
Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag sebelumnya yang menginstruksikan agar madrasah tetap melaksanakan Kurikulum 2013.

Polemik penghentian implementasi Kurikulum 2013 (K-13) turut berdampak pada sekolah-sekolah di bawah tanggung jawab Kementerian Agama (Kemenag).

Pihak madrasah merasa kebingungan akan kepastian sistem pendidikan mana yang akan diterapkan untuk mereka. Sebab, sejauh ini yang menjadi fokus baru penerapan yang ada di sekolah-sekolah di bawah naungan Kemendikbud.
 
“Kepanikan ada. Karena di madrasah kan untuk pelajaran umum kan sama (dengan sekolah dibawah asuhan Kemendikbud). Bedanya hanya pada pelajaran yang kaitannya dengan agama,” ujar Menteria Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat ditemui di Jakarta, kemarin (11/12).
 
Oleh sebab itu, untuk menghentikan kebingungan itu pihak Kemenag akan melakukan evaluasi menyeluruh pada seluruh madrasah di Indonesia. Evaluasi difokuskan untuk melihat jalannya implementasi K-13 di setiap madrasah. Bagi madrasah yang tidak memiliki kendala penerapan kurikulum baru itu, akan diberikan ijin untuk melanjutkan.

Sementara, bagi yang mengalami kesulitan akan langsung dialihkan ke kurikulum lama. “Bagaimanapun kita harus mengikuti kebijakan yang dilakukan oleh Kemendikbud. Jadi besok (hari ini) akan kita dalami dulu,” jelas politikus Partai Persatuan Pembangungan (PPP) itu

Posted on 12 Desember 2014, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: