Hati-hati Saat Angin Kencang, Hindari 4 Cara Mengemudi Berikut Ini

image

SERAMBIMATA – Angin kencang bisa datang di mana saja, terutama di area terbuka seperti di jalan raya atau jalan tol. Selain di area terbuka, angin kencang juga bisa datang karena faktor alam, salah satunya hujan. Walaupun tak tampak nyata, tetapi kekuatan angin bisa sangat kuat dan menerbangkan benda-benda berat. 

Anda tak membutuhkan angin tornado untuk membalikkan mobil yang sedang melaju di jalan raya. Cukup dengan angin kencang yang datang dari arah lembah atau area berbukit, mobil Anda pun akan terbalik jika melakukan empat kesalahan berikut ini.

1. Membuntuti Mobil Gandeng

Kesalahan pertama yang sering dilakukan pengemudi mobil ketika berembus angin kencang adalah berada di belakang mobil gandeng seperti truk kontainer, truk gandeng, atau mobil yang sedang menderek kendaraan lain. Intinya, mobil yang sedang menarik benda lain di belakangnya.

Membuntuti mobil lain memang berguna untuk mengirit bensin. Namun, hal itu justru membahayakan diri Anda ketika ada angin kencang.

Mobil gandeng merupakan makanan empuk angin kencang karena benda yang menempel di belakangnya tidak memiliki kontrol sendiri sehingga ketika ada angin kencang, benda di belakang tersebut bisa dengan mudah terombang-ambing ke samping atau justru terbalik. Karena itu, ketika ada angin kencang, lebih baik Anda mendahului mobil-mobil gandeng.

2. Mengebut

Secanggih apa pun dan serendah apa pun ground clearance mobil Anda, mengebut ketika sedang berembus angin kencang bukanlah pilihan tepat. Tak hanya ketika berembus angin kencang, ketika melaju di jalan tol dengan area terbuka atau ketika menyeberang jembatan di tol Cipularang, sebaiknya jangan mengebut apabila tidak ingin mobil Anda terempas, terutama mobil-mobil yang rendah.

Semakin Anda mengebut, ban mobil pun semakin sedikit bersentuhan dengan jalan raya, dan jika sedang sial, ketika mobil sedikit melayang lalu dari samping datang angin kencang, bisa dipastikan mobil Anda akan terbalik. 

Karena itu, ketika Anda melihat bahwa langit mulai gelap disertai suara petir, tak usah langsung mengebut untuk tiba di tujuan agar tidak kehujanan di jalan. Sebab umumnya ketika akan hujan didahului dengan berembus angin yang cukup kencang.

3. Mengendarai Mobil Tinggi

Ketika berkendara di area terbuka yang rentan berembus angin kencang, mengendarai mobil-mobil rendah seperti sedan lebih aman daripada mengendarai mobil yang tinggi, seperti mobil minibus atau van, terutama mobil yang tinggi dan ramping.

Sebab, mobil yang tinggi berarti memiliki area yang lebih luas untuk diterpa angin dari samping. Membawa banyak barang-barang yang diletakkan di atas mobil juga berbahaya karena menambah area yang diterpa oleh angin.

Selain area yang dapat diterpa angin, ground clearance juga sangat berpengaruh. Mobil-mobil rendah seperti sedang memiliki ground clearance lebih sedikit dibanding mobil-mobil tinggi seperti van dan minibus. Dengan ground clearance yang tinggi, angin pun berpotensi masuk ke area kolong mobil dan mengangkat mobil Anda dari permukaan jalan raya.

4. Menerobos Genangan Air

Tak hanya angin kencang yang berbahaya. Kombinasi angin dengan genangan air juga lebih berbahaya lagi. Ketika hujan deras, di beberapa tempat pasti akan terjadi genangan air, tak terkecuali di jalan raya. 

Jika melihat ada genangan air di jalan raya, terutama ketika jalanan sedang lancar, jarang pengemudi yang memperlambat laju kendaraan dan lebih memilih menerobos genangan air.

Hal itu tak hanya berakibat buruk pada pengendara lain, terutama motor, yang berada di samping karena kecipratan air genangan. Mobil yang menerobos genangan air, terutama genangan yang cukup tinggi, akan terkena efek aquaplaning, yakni ban mobil tidak menyentuh aspal karena terhalang air.

Jika Anda melaju kencang menerobos genangan dan pada saat bersamaan datang angin kencang, ke mana pun arah angin itu bertiup, mobil Anda pun secara otomatis akan mengikuti karena ban mobil tidak berpijak.

Posted on 17 Desember 2014, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. SYARAT DAN KETENTUAN
    1.PROMO INI BERLAKU UNTUK DEPOSIT MIN. RP.50.000
    2.KLAIM PROMO BERLAKU 1X12 JAM APABILA TIDAK DI KLAIM MAKA
    TIDAK AKAN BISA MENGAMBIL BONUS PROMO
    3.KLAIM BONUS PROMO BERBENTUK KODE VOUCHER
    4.PEMAIN HANYA BISA MELAKUKAN WITHDRAW SETELAH TURNOVER
    MENCAPAI 20 x LIPAT DARI NOMINAL BONUS DEPOSIT
    5.APABILA SETELAH MENDAPAT KODE VOUCHER PEMAIN HARUS SEGERA
    MENGKLAIM KODE VOUCHER TERSEBUT ( baca cara klaim bonus promo dibawah)
    JIKA PEMAIN SUDAH MASUK KEDALAM PERMAINAN DAN BERMAIN BARU MENGKLAIM
    BONUS PROMO.. MAKA TIDAK AKAN KAMI LAYANI ALIAS HANGUS
    6.KEPUTUSAN PIHAK RIMBAPOKER TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT

    Cara Klaim bonus Opening Promo

    1. Terlebih dahulu harus melakukan Registrasi di RIMBAPOKER
    2. Masuk ke menu memo, tulis form Klaim voucher untuk Opening promo
    3. Kemudian Tunggu balasan Memo dari admin RIMBAPOKER akan memberikan kode voucher bonus .
    4. Setelah mendapatkan balasan dari admin masukan Kode voucher tersebut pada kolom keterangan di menu deposit .
    5. Gunakan selalu jasa Live Chat kami untuk kelancaran anda bermain

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: