Tes CPNS Dibuka Lagi Tahun 2015

image

SERAMBIMATA – Kabar penghentian sementara (moratorium) rekrutmen CPNS oleh kementerian PAN-RB, selama lima tahun ke depan, sempat membuat kawatir masyarakat. Bagaimana tidak, ketika masyarakat sangat berharap dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil, tiba-tiba pemerintah mengeluarkan keputusan tentang moratorium rekruitmen CPNS kecuali bagi guru dan tenaga medis.
Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan, ternyata tahun 2015 masih ada tes calon abdi negara baru.

Jika anda tahun ini gagal masuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maka tidak perlu risau, Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka kembali penerimaan CPNS tahun 2015.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasodjo, penerimaaan CPNS ini akan dilakukan sesuai siklus tahunan yakni hingga April 2015.

Usulan pembukaan seleksi CPNS Tahun 2015 sendiri harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

“Maka Juni di tahun 2015 sudah bisa dipastikan secara bertahap hingga Oktober untuk pemberian formasinya,” kata Eko di Jakarta, kemarin.

Eko menyebut, pemerintah akan membuka sekitar 100 ribu lowongan CPNS. Jumlah tersebut sama dengan formasi yang dibuka tahun ini.

“Sebagian untuk PNS, dan sebagian lagi untuk pegawai dengan perjanjian kerja,” sebutnya.

Memperkuat penyataan Eko, Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat juga menjelaskan, meskipun beberapa waktu lalu sempat ada kabar moratorium tes CPNS hingga 5 tahun ke depan, namun tahun 2015 masih akan diadakan rekruitmen.

“Moratorium itu bukan berarti berhenti total. Tahun depan (2015, red) masih ada tes CPNS,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Tumpak mengatakan usulan kuota tes CPNS tahun depan diperketat. Dia menjelaskan instansi, khususnya pemerintah daerah, harus melihat dulu nota keuangan APBD masing-masing.

Pemda dengan belanja pegawai sekitar 70 persen, dipastikan tidak akan mendapatkan alokasi CPNS baru.

“Daerah-daerah itu kita minta untuk fokus menata CPNS dulu,” jelas dia. Sebab dengan alokasi anggaran 70 persen untuk belanja pegawai, diasumsikan sudah tidak butuh penambahan CPNS baru lagi. Jika ditambah, maka anggaran pemda habis untuk gaji pegawai saja.

Terkait kapan pelaksanaan tes CPNS baru tahun depan, Tumpak menuturkan belum ada kepastian. Dia menjelaskan tes CPNS 2015 dipastikan digelar setelah rangkaian tes CPNS 2014 selesai semuanya. Meski sekarang mendekati pergantian tahun, Tumpak mengatakan ada beberapa instansi yang belum melaksanakan tes CPNS 2014.

Instansi yang sampai saat ini belum melaksanakan tes CPNS 2014 adalah, Pemprov Papua Barat, Pemprov Papua, Pemkot Tomohon, Pemkot Sorong, Pemkot Jayapura, dan Pemkot Banda Aceh. Kemudian Pemkab Yalimo, Pemkab Yahukimo, Pemkab Waropen, Pemkab Tolikara, Pemkab Teluk Bintuni, Pemkab Tanjung Jabung Timur, Pemkab Sorong Selatan, dan Pemkab Supiori.

Selain itu, Tumpak juga belum bisa memberi penjelasan tentang kuota tes CPNS 2015 nanti. Sebab panitia seleksi nasional (panselnas) akan membuat regulasi permohonan kuota CPNS baru yang ketat.

Posted on 17 Desember 2014, in Ekonomi and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. terima kasih.. infonya sangat bermanfaat. ditunggu lagi postingan terbaru tentang kabar CPNS.

    Suka

  2. Jika anda ingin belajar soal CPNS, anda bisa ke http://LatihanSoal.com/?id=cpnsmedan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: