Inilah 6 Benda yang Wajib Ada di Mobil Saat Darurat

image

SERAMBIMATA – Ketika bepergian menggunakan mobil, Anda tidak akan pernah tahu kapan akan mengalami keadaan darurat, misalnya saja karena mobil Anda mogok, tabrakan, atau karena bencana alam.

Jika Anda tidak mempersiapkan diri untuk keadaan darurat, niscaya Anda akan merasa sengsara dan terpaksa menunggu bantuan datang dalam jangka waktu lama.

Daripada menunggu bantuan yang tidak tentu datangnya, ada baiknya Anda justru mempersiapkan diri dengan membawa benda-benda yang cukup esensial. Berikut ini adalah enam benda penting yang wajib Anda bawa di saat darurat.

1. Air

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa air merupakan benda yang paling wajib ada di mobil Andauntuk saat-saat darurat.

Anda baru merasa bahwa air akan sangat fungsional apabila sudah dalam keadaan darurat dan tidak ada sumber air di dekat Anda.

Air tidak hanya dapat digunakan untuk minum, tapi juga untuk mengisi radiator atau memadamkan api.

2. Senter

Senter juga sangat berguna dalam keadaan darurat, terutama jika mobil Anda mogok pada malam hari di area yang minim penerangan.

Selain untuk menyinari Anda ketika sedang mengecek bagian mesin, senter juga dapat digunakan untuk mencari barang-barang yang ada di dalam mobil.

Selain itu, senter juga berguna untuk memberi tanda kepada pengendara lain, misalnya untuk meminta bantuan atau sekadar memberi tahu bahwa ada mobil mogok di pinggir jalan.

3. Jerigen Bensin

Mungkin Anda merasa tidak membutuhkan jerigen bensin di dalam mobil Anda karena selalu memeriksa level bensin.

Namun, jika Anda berencana bepergian ke daerah yang tidak diketahui dan Anda tidak tahu di mana letak pom bensin terdekat, ada baiknya Anda siaga membawa jerigen bensin.

Anda tentu tidak mau mendorong-dorong mobil ke pom bensin terdekat.

4. Kabel Jumper

Pernahkah Anda kembali ke mobil dan ternyata mobil Anda tidak dapat dihidupkan karena aki yang habis?

Apakah karena Anda membiarkan lampu mobil atau pendingin ruangan tetap hidup ketika mobil dimatikan?

Jika terjadi hal demikian, Anda pasti akan sangat membutuhkan kabel jumper untuk menghidupkan mobil Anda. Anda tinggal menyetop mobil lain dan meminta bantuan untuk melakukan jumper ke aki mobil mereka.

Hal itu sangatlah memudahkan Anda dan hanya membutuhkan waktu singkat, daripada Anda harus mendorong mobil hingga hidup atau menunggu bantuan dari bengkel datang.

5. P3K

Ini merupakan benda yang wajib ada di setiap mobil. Tak hanya untuk keadaan darurat, tapi kotak P3K juga berguna untuk mengatasi luka-luka kecil seperti tergores besi.

Yang pasti, Anda harus selalu mengecek masa kedaluwarsa barang-barang yang ada di dalam kotak P3K. Pastikan juga Anda mengetahui tindakan keselamatan pertama yang harus dilakukan menggunakan benda-benda di dalam kotak P3K.

6. Selimut

Selimut memang tidak pernah terpikirkan oleh para pengemudi mobil ketika akan melakukan perjalanan jauh.

Namun, Anda baru akan merasa bahwa selimut penting ketika mobil Anda mogok pada malam hari dan Anda sedang menunggu bantuan datang dalam waktu cukup lama.

Selimut akan sangat berguna untuk menghangatkan badan Anda, apalagi jika ternyata mobil Anda mogok di area pegunungan yang dingin.

Posted on 10 Januari 2015, in Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: