Foto Mesra Mirip Abraham Samad, Asli atau Rekayasa ?

image

Foto mesra Abraham Samad da Elvira Devinamira versi pengamat

SERAMBIMATA –  Dua hari pasca penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK, dunia maya dihebohkan dengan munculnya foto mesra mirip ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dengan puteri Indonesia Elvira Devinamira Wirayanti. Terhadap beredarnya foto mesra tersebut, muncul komentar beragam atas keasliannya.

 Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT), Janner Simarmata menilai foto yang beredar di dunia mirip Ketua KPK Abraham Samad dan Puteri Indonesia Elvira Devinamira Wirayanti adalah rekayasa.

Kata Janner, dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua bisa sangat mudah direkayasa. Bahkan, kata dia, saking canggihnya hasil rekayasa, bisa membuat pengamatan secara visual menjadi kurang meyakinkan, apakah asli atau hasil rekayasa.

“Sebenarnya untuk membuktikan keaslian foto bisa dilakukan dengan cara pengamatan visual. Metode ini tentul membutuhkan kepekaan dalam melihat sebuah objek tanpa membutuhkan alat bantu berupa aplikasi pengolah foto,” ungkap Janner.

Ia memastikan foto itu hasil rekayasa. Foto keduanya yang beredar sudah pasti menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan beberapa metode, seperti blurring (mengaburkan), smoothing (memperhalus tepi), dan smudging (memperhalus permukaan objek).

“Ini adalah sebuah tindak kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa batas dan tanpa izin. Pihak berwenang harus mengusut kasus penyebaran foto rekayasa ini dan mencari tahu penyebarnya,” ucapnya.

Menurutnya perekayasa foto di internet dapat diproses hukum melalui Pasal 72 angka 5 UU Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dan Pasal 27 ayat (1) dan Pasal 35 ayat (1) UU Informasi dan Teknologi Elektronik.

Posted on 15 Januari 2015, in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: