Akhirnya Pemerintah Umumkan Harga Premium 6.600, Solar 6400

image

SERAMBIMATA РAkhirnya, hari ini (16/01/2014) sekitar pukul 02.00 WIB Pemerintah  mengumumkan harga baru bahan bakar minyak jenis Premium dan solar. Dua komoditas energi tersebut mengalami penurunan masing-masing menjadi Rp 6.600 dan Rp 6.400 per liter.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan penerapan harga baru tersebut baru akan dimulai Senin, 19 Januari 2015, pukul 00.00 waktu setempat. Alasannya, pemerintah ingin memberi waktu bagi badan usaha penyalur BBM agar tak merugi.

“Badan usaha seperti Pertamina dan swasta lainnya jangan sampai mengalami kerugian karena sebelumnya sudah ada stok dengan harga lama,” ujar Sudirman seusai konferensi pers yang digelar oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Kepresidenan, Jumat, 16 Januari 2015.

Menurut Sudirman, waktu dua hari ke depan sudah cukup bagi badan usaha memasok stok BBM dengan harga baru. “Ini sudah kami koordinasikan dengan Pertamina,” katanya.

Sudirman menuturkan pemerintah juga telah merevisi Peraturan Menteri ESDM tentang Penentuan Harga BBM. Dalam revisi tersebut, pemerintah sudah boleh meninjau harga BBM setiap dua pekan.

Pemerintah telah merencanakan penyesuaian harga BBM setiap dua pekan. Kebijakan ini menyusul kondisi harga minyak dunia yang terus mengalami penurunan. Saat ini harga minyak dunia sudah sekitar US$ 45 per barel.

Sebenarnya, pada 1 Januari lalu, pemerintah telah mengumumkan penurunan harga BBM. Berdasarkan keputusan tersebut, harga terbaru Premium dipatok Rp 7.600 per liter, turun dari Rp 8.500 per liter. Sementara itu, harga solar menjadi Rp 7.250 dari Rp 7.500 per liter.

Posted on 16 Januari 2015, in Ekonomi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: