Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Memperoleh Sertifikat Pendidik 2015

image

SERAMBIMATA – Sudah tujuh tahun berjalan pemerintah melaksanakan program penigkatan profesionalisme guru melalui jalur sertifikasi, yakni mulai tahun 2007 hingga 2014. Selama periode itu pula sudah ribuan guru dinyatakan profesional setelah dinyatakan memenuhi beberapa persyaratan, salah satu syarat tersebut yaitu memiliki sertifikat pendidik. Ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Hingga akhirnya di tahun 2015 ini, pemerintahan yang baru Jokowi-JK memutuskan meneruskan program yang dicetus oleh pemerintahan SBY itu dengan beberapa catatan, perbaikan dan penyempurnaan. (Baca : Sertifikasi Banyak Masalah, Anies Janji Akan Perbaiki)

Mulai tahun ini, pemberiaan sertifikat pendidik dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG bagi lulusan program S-1 Kependidikan dan Non Kependidikan yang belum menjadi guru dilaksanakan selama satu tahun atau 2 semester untuk menempuh beban belajar 36 SKS. 

Sedangkan untuk memperoleh sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ). Sertifikasi guru melalui PPGJ tersebut menggunakan pola PPG dengan beberapa penyesuaian dengan tetap mengacu pada standar yang telah ditetapkan.

Penyesuaian PPGJ tahun 2015  yang dimaksud yaitu rekognisi pembelajaran lampau (RPL), durasi workshop/pelatihan di LPTK dimampatkan hingga hanya 16 hari, dan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di sekolah selama 2 (dua) bulan, ujian akhir dilaksanakan di sekolah.

Berdasarkan data guru pada sistem Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), masih ada sekitar 500 ribu guru dalam jabatan yang belum memiliki sertifikat pendidik. Bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik akan diberikan tunjangan profesi guru.

Nah, sekarang sudah jelas kan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk PPG dan PPGJ.

Posted on 22 Januari 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: