Meskipun Bukan S1 PGSD, Guru SD Tak Perlu Sertifikasi Ulang

image

SERAMBIMATA – Banyak guru yang bertanya apakah guru Sekolah Dasar (SD) yang sudah bersertifikasi tapi bukan lulusan S1 PGSD harus sertifikasi ulang ?. Pertanyaan ini muncul menyusul aturan yang mengaharuskan guru mengikuti sertifikasi ulang bagi mereka yang sertifikat pendidiknya tidak sama dengan ijazah S1 nya atau tidak linier. (Baca : Guru yang tidak Linier Harus Sertifikasi Ulang)

Bagi guru SD yang bukan lulusan S1 PGSD dan sudah sertifikasi tidak perlu sertifikasi ulang jika S1-nya masih dianggap linier. Selain S1 PGSD, sertifikasi guru kelas SD linier dengan S1 Psikologi, IPA/IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, PPKn, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sesuai dengan Buku Pedoman Sertifikasi Guru 2015 yang dikeluarkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK-PMP), yang memiliki ijazah S1 di atas dapat mengikuti sertifikasi guru kelas SD.

Guru yang tidak linier antara ijazah dengan sertifikat pendidiknya diwajibkan sertifikasi ulang. Linier yang dimaksudkan adalah kesesuaian antara bidang studi pada ijasah S1 dengan bidang studi sertifikasi guru. Jika tidak, akan berpengaruh pada tunjangan profesi yang diterimanya.

Bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru 2015 harus hati-hati saat menentukan pilihan bidang studi sertifikasi. Sedangkan bagi guru yang tidak linier antara ijazah dengan sertifikat pendidiknya segera lapor dinas pendidikan kab/kota untuk mengikuti sertifikasi ulang (kedua).

Lalu bagaimana dengan guru MI yang bukan S1 PGMI ? Meskipun tidak termaktub secara tertulis dalam aturan tersebut tapi secara substantif memiliki arti dan maksud yang sama. Artinya, bisa jadi guru MI yang bukan S1 PGMI tidak perlu sertifikasi ulang.

Posted on 23 Januari 2015, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: