Bocoran dari Polisi, Tips Paling Jitu Agar Mobil Aman dari Aksi Pencurian

image

SERAMBIMATA, Metode pencurian mobil semakin berkembang. Pelaku bahkan begitu ahli memanfaatkan sekecil apapun celah yang bisa diterobos, untuk membawa pergi mobil tanpa diketahui pemiliknya.
Kalau sudah begini, pemilik kendaraan bermotor roda empat tentu harus ekstra berhati-hati.

Pemilik umumnya mengantisipasi kehilangan dengan asuransi kendaraan ataupun memasang alarm yang merupakan sistem standar keamanan yang biasanya sudah terpasang pada setiap mobil saat ini. Tetapi ternyata, itu saja tidak cukup.

Dasar memasang alarm pada mobil adalah untuk memberikan bunyi peringatan apabila terjadi pencurian. Namun pada kenyataannya masih banyak terjadi pencurian meskipun mobil sudah dilengkapi alarm.

Semua jenis kendaraan, terutama yang keluaran baru, tentu akan membuat para pencuri tergiur, dan Toyota Inova serta Avanza merupakan jenis mobil yang paling sering menjadi incaran pelaku pencurian kendaraan bermotor.

“Untuk mobil Inova, pencuri telah mempelajari cara mematikan alarm dengan modus mencongkel kap mesin mobil samping kanan kemudian memasukan alat untuk memotong kabel alarm,” papar seorang anggota polisi yang tak mau disebutkan namanya.

Setelah alarm mati, pelaku memecahkan kaca kecil pintu depan (yang berbentuk segitiga) agar dapat memasukkan tangan untuk membuka pintu melalui tombol central lock atau dengan cara merusak pintu mobil dengan kunci leter T atau bor listrik. Untuk Avanza, pelaku biasanya memotong kabel alarm melalui kolong mobil. Setelah alarm mati, kemudian pelaku merusak pintu mobil dengan kunci leter T atau bor listrik,” jelasnya lagi.

Meski begitu, jangan buru-buru kecil hati. Ada cara untuk membuat pencuri mengurungkan niat saat akan memangsa kendaraan anda.

Polisi, yang merupakan salah satu anggota di Subdit Ranmor Polda Metro Jaya itu, membagikan pengalamannya menangani kasus pencurian kepada Anda agar tidak menjadi korban dengan pola pencurian seperti itu.

“Salah satu cara pencegahan yaitu dengan memindahkan alarm standar (bawaan dari pabrikan mobil) ke tempat yang lebih aman agar sulit dijangkau pelaku,” jelas dia.

Pemindahan itu dilakukan agar alarm tetap berfungsi sebagai peringatan apabila terjadi pencurian. Selain langkah  tersebut, agar lebih aman lagi, Anda disarankan menambah pengaman selain alarm yang terdapat pada mobil. 

Posted on 26 Januari 2015, in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: