UN 2015, Menggunakan Soal Essay, Bukan Lagi Pilihan Ganda

image

SERAMBIMATA – Satu lagi perubahan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas evaluasi pendidikan di Indonesia. Perubahan kali ini berupa bentuk soal yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung perubahan tersebut dimulai tahun ini, 2015.

Soal Ujian Nasional (UN) dirancang sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mendorong para peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan mendalam. Karenanya soal tidak lagi berbentuk pilihan ganda melainkan dalam bentuk essai, agar siswa mampu menganalisa dan menuliskan jawabannya. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pendidikan (Puspendik) Kemendikbid Prof Nizam, Senin Kemarin (26/1/2015). (Baca juga : Tahun ini Kelulusan Siswa Ditentukan Nilai UN dan UAS 50 : 50)

“Peserta tidak lagi dituntut untuk menghafalkan, namun memahami dan menganalisanya. Oleh karena itu, soal dibuat tidak lagi dalam bentukcheck point (pilihan ganda) namun, dengan menganalisa dan menuliskan jawabannya,” jelas Nizam.

Selain itu, UN pada tahun ini, ujarnya, tidak diberlakukan lagi soal 20 paket. Melainkan, lima paket dalam satu ruangan.

Posted from WordPress for Android

Posted on 27 Januari 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Jangan digantiii😥 saya pilgan saja sudah jelek apalagi muka saya…. kalo saya gak lulus saya tidak dapat mempertahan kan ham dan saya putus asa dan tidak mampu mempertahankan indonesia lagi…..

    Suka

  2. alfonsus eduardo anas

    Adhuh pakkk… koch gituh sih… koch susah bingitzzz sichh
    Nanti kalo aku gak lulus gmana? Saya gak bisa menghadapi pacar saya kannnn.. muka saya mau ditaruh di mana ?? Tong sampah gt? Saya usul kalo UN pilgan aja biar lebih mdh blajarnya. Dari pada essay tambah ancur nilai saya wkwkwk

    Suka

  3. boleh minta sumber lebih dalam ga buat referensi. kira kira dapet dari mana berita ini?

    Suka

  4. Saya gak setuju klw soal un di ubah menjadi essay karena bikin rumit. Soal yang pilihan ganda aja uda rumit apa lagi essay. Dan pak klw soal nya gak ada pilihan ganda nya gak ada lg. Jdi anak murid nya yg gak tau jawabannya gimana menentukannya. Klw pilihan ganda walaupun anak murid nya gak tau jawabamnya bisa milih. Emang ujian un tahun ni gak menentukan kelulusan tpi nim pak klw nim nya anak murid semua rendah gak ada yg bisa masuk negri sekolah nya

    Suka

  5. aduh pach,,,, kenapa harus di ganti dengan esay di ujian nasional tahun ini gimana nasib kami semua jika kami semua tdk lulus sedangkan masa depan kami masi panjang emang nda boleh di pertimbangkan lagi….”””

    Suka

  6. yang bikin rumit bukan yang menjawab soal2 tsb tapi yang akan menilai jawaban tsb

    Suka

  7. alhamdulillah semoga nilanya lebih baik

    Suka

  8. Mengapa angkatan kami selalu percobaan😦
    Smp 20 Paket UN nya😦

    Suka

  9. Soal essay lbh bagus. Karena bakal ngapusin contk-contekan, kunci jawaban, dll. Siswa juga harus belajar dan bukan untung2an doank!!! Tapi taunya cuman BOHONG DOANG. Taun ini pilhan2 juga. Bangke emg

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: