Akhirnya Anggaran Kartu Indonesia Pintar Cair

image

Banyak anak-anak Indonesia yang terpaksa putus sekolah hanya karena tidak ada biaya

SERAMBIMATA, Ada harapan baru bagi anak-anak Indonesia yang tidak bisa sekolah atau tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena alasan tidak mampu secara finansial. Pasalnya, setelah anggarannya disetujui DPR, Kemendikbud memastikan Kartu Indonesia Pinter (KIP) sudah bisa diterapkan dan tidak ada alasan bagi siswa tidak mampu untuk tidak ikut program wajib belajar 12 tahun.

Dikutip dari Republika.co.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) positif bisa menerapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada tahun ajaran baru ini. Termasuk di dalamnya program wajib belajar 12 tahun. Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Haryono Umar, Selasa kemarin  (17/2) mengatakan tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan wajib belajar 12 tahun. 

“Bagi keluarga yang tidak mengizinkan anak-anak untuk sekolah maka, mereka tidak dbenarkan untuk mendapatkan KIP itu. Dalam artian lain, anak-anak itu harus terdaftar sebagai siswa dan baru mendapatkan KIP itu,” tambah ujar dia. 

Pengawasan dana dalam program KIP dan wajib belajar 12 tahun akan langsung dilakukan oleh Kemendikbud. Hingga saat ini tahap masih dalam persiapan pelelangan percetakan, tapi data-data sudah diperoleh dari Kemensos. Nantinya, para orang tua dari keluarga yang tidak mampu akan diberitahukan hak dan kewajibannya untuk memperoleh KIP.

“Pastinya, program KIP ini akan beriringan dengan program wajib belajar 12 tahun dan sesegera mungkin diterapkan pada tahun ajaran baru ini.” Punkas Haryono. 

  

 

Posted from WordPress for Android

Posted on 19 Februari 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: