17 Juta Anak Sekolah Akan Menerima Kartu Indonesia Pintar

image

SERAMBIMATA, Komisi X DPR RI telah menyetujui anggaran yang akan diperuntukkan untuk Kartu Indonesia Pintar, oleh karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan bisa menerapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada tahun ajaran baru ini. Termasuk di dalamnya program wajib belajar 12 tahun. 

“Komisi X DPR, telah menyetujui anggaran yang akan digunakan untuk program Kartu Indonesia Pintar ini,” ujar Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Haryono Umar, Selasa lalu (17/2).

Ia menyebutkan, jumlah anak yang akan mendapatkan bantuan KIP berkisar 17 juta anak. Perhitungannya,  sebanyak sembilan juta anak yang  terdata di Bantuan Siswa Miskin (BSM), ditambah dengan lima juta dari anak keluarga miskin dan 3,6 juta anak yang tidak bersekolah atau yang di luar sekolah. 

Dikutip dari republika.co.id, Data sembilan juta anak dari keluarga miskin dan 3,6 juta anak yang di luar sekolah itu, diperoleh dari Kementerian Sosial. Dan, jumlah itu telah disepakati oleh Komisi X DPR. (Baca : Akhirnya Kartu Indonesia Pintar Cair)

“Sekitar Rp 249,9 M biaya yang dibutuhkan untuk mencetak KIP dan saat ini tengah persiapan pelelangan percetakan,”lanjutnya. Namun, jumlah total yang diperlukan untuk menjalankan program ini ia tidak mengingat detailnya, tapi pastinya jumlah anggaran sebelumnya ditambah dengan Rp 7,1 T dari APBNP.

Sedangkan, terkait dengan besar dana yanga kan diterima oleh masing-masing-masing anak, sesuai dengan jenjang pendidikan. Dan, bagi anak yang diluar sekolah diharuskan terdaftar dahulu di sekolah sebelum mendapatkan bantuan KIP itu. 

Mengingat, KIP merupakan salah satu jalan untuk menjalankan program wajib belaja 12 tahun. Dengan, adanya KIP ini anak-anak lulusan Sekolah Menengah Pertama bisa melanjutkan ke SMA/MA tanpa dibebankan biaya sekolah, khususnya sekolah negeri. 

“Mengingat, Kemendikbud masih belum menjangkau sekolah swasta.” Ungkap Haryono.

Posted from WordPress for Android

Posted on 20 Februari 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: