Tahun 2050, Manusia Terancam Kelaparan

image

SERAMBIMATA, Apa jadinya kalau manusia di dunia mengalami kelaparan massal, pasti teramat mengerikan. Percaya atau tidak tapi begitulah laporan yang dikemukakan Word Resources Institute (WRI), Bank Dunia, UNDP dan UNEP yang mengungkap pada tahun 2050 manusia akan mengalami kekurangan pangan.

World Resources Institute (WRI) bekerjasama dengan Bank Dunia dan UNDP dan UNEP melaporkan pada 2050 Bumi akan mengalami krisis pangan. Krisis makanan ini dipicu ledakan penduduk yang mencapai 9,6 miliar. 

Direktur Teknis Laporan Peneliti, Princeton University, Tim Searchinger menyatakan, ledakan penduduk ini mengharuskan kita membutuhkan produksi makanan 60 persen lebih banyak dari produksi makanan kita saat ini.

“Isu pangan akan menjadi isu central pada periode 2015-2019,” katanya, seperti dikutip The Telegraph.

Melihat kondisi dunia saat ini, Tim mengatakan manusia perlu mengembangkan cara baru untuk berlatih pertanian dan berternak. Sebab, saat ini kita tidak bisa lagi hanya mengandalkan hutan untuk memproduksi bahan mentah makanan. Isu konservasi air dan tanah menjadi salah satu  agenda besar dunia.

“Juga menurunkan emisi gas rumah kaca,” tambah Tim.

Laporan WRI juga menekankan pentingnya mengurangi limbah makanan. Sebab, menurut catatan PBB, limbah total sebanyak sepertiga dari semua makanan yang kita hasilkan. Padahal, limbah tersebut bisa memasok makanan tambahan bagi 2 miliar orang.

Penyebab adanya krisis pangan juga disebabkan tidak adanya efisiensi panen dan kesalahan dalam produksi atau over produksi. Selain itu, masih terdapat kesenjangan pangan di berbagai daerah.

Peningkatan produksi pangan bisa dilakukan dengan cara seperti deforestasi atau membuat hutan baru, pupuk nitrogen pada lahan hidup, serta meningkatkan irigasi yang baik. 

Posted from WordPress for Android

Posted on 23 Februari 2015, in Ekonomi, Sosial and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: