Latah Ikut Budi Gunawan, Suryadharma Ali Juga Ajukan Praperadilan

image

Suryadharma Ali (tengah), didampingi kuasa hukumnya menunjukkan surat permohonan pengajuan praperadilaan atas status tersangka yamg dijatuhkan KPK tahun lalu

SERAMBIMATA, Banyak pengamat yang menilai dimenangkannya Komjen Pol Budi Gunawan atas KPK pada sidang praperadilan beberapa waktu lalu akan menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di Indonesia, karena setelah itu para koruptor yang sudah diputus tersangka akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Budi Gunawan.

Dan kekawatiran  itu kini benar-benar terjadi, Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengajukan gugatan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, dia menggugat KPK senilai Rp 1 triliun.

“Kami menuntut agar penetapan tersangka menjadi tidak sah sekaligus menuntut ganti rugi Rp 1 triliun terhadap KPK,” kata pengacara Surya, Humphrey Djemat, dalam konferensi pers di Restoran Sederhana, Senin (23/02/2014).

Permohonan praperadilan telah dimasukkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Humphrey mengakui pengajuan itu diinspirasi oleh Komisaris Jenderal Budi Gunawan. Putusan praperadilan yang diajukan Budi menyatakan penetapan tersangka bekas calon Kapolri itu oleh KPK tidak sah.

“Kami melihat perkembangan hukum yang terjadi. Bukan hanya soal Budi Gunawan, tapi juga soal yang lain,” ucap Humphrey. “Putusan pengadilan itu sangat berdasar, maka kami yakin pengadilan akan menyidangkan praperadilan ini.”

Seperti diketahui, Pada 22 Mei 2014 lalu, Suryadharma Ali yang saat itu menjabat Menteri Agama resmi menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan haji tahun 2012-2013 yang menelan anggaran Rp 1 triliun. Suryadharma disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) junctoPasal 65 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Posted from WordPress for Android

Posted on 24 Februari 2015, in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: