Guru TK Cantik Inspiratif ! 8 Tahun Mengajar Tetap Tinggal di Rumah Reot

image

SERAMBIMATA – Hidup boleh serba kekurangan, tinggal di rumah yang sangat sederhana dan pendapatan sangat pas-pasan, tapi sama sekali tak mengurangi semangat untuk terus berbagi dengan orang lain bahkan mendedikasikan hidupnya untuk mendidik anak-anak Indonesia. Itulah Yeri, seorang guru TK cantik yang memiliki semangat luar biasa, bercita-cita mulia dan berdedikasi tinggi. Sangat kontras dengan kehidupan kesehariannya yang sangat memprihatinkan.

Dengan hanya berpenghasilan Rp 350.000, Yeri (27) mengabdikan diri sebagai guru TK. Perempuan cantik anak dari pasangan Anda (69) dan Heti (64) sudah 8 tahun menjadi guru di TK Pertiwi Bojong Loa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Sejak kelulusannya dari SMA 2006 lalu, ia memang berkeinginan untuk menjadi guru TK. Akhirnya pada tahun 2007 ia mengabdikan dirinya menjadi seorang guru di TK Pertiwi Bojong Loa.

Yeri mengaku, keinginannya menjadi seorang guru TK itu bukan didasari tanpa alasan. Di matanya anak-anak kecil adalah makhluk yang lucu dan menggemaskan. Tak peduli seberapa nakalnya mereka, baginya anak kecil adalah anugerah Tuhan yang harus selalu dibimbing dan disayangi.

“Abis dari lulus SMA 2006 lalu saya memang pengen ngajar di TK, karena memang saya suka sama anak-anak kecil, mereka perlu dibimbing dan diberikan kasih sayang,” Kata Yeri dengan polosnya pada suatu kesempatan.

Tapi siapa sangka, Yeri guru TK Cantik itu, tinggal di rumah yang tidak layak huni. Sebagian rumahnya telah menyatu dengan tanah dan sebagiannya lagi juga terlihat sudah hampir ambruk. Atap-atap rumah yang sebagai pelindung teriknya matahari dan hujan juga banyak berlubang.
Kayu-kayu penyangga rumahnya juga terlah kropos. Dengan penghasilan dari menajadi guru TK tersebut, ia cukupkan untuk kebutuhannya sehari-hari. Bahkan tak jarang ia selalu memberikan rezeki hasil keringatnya kepada Ibunya.

Sungguh teramat memprihatinkan sekaligus menggugah hati kita yang hidup lebih berkecukupan dan sedikit lebih beruntung dari Yeri, untuk tetap bersamangat menjalani hidup, mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa meskipun terkadang apa yang kita peroleh tidak sepadan dengan energi dan pikiran yang kita keluarkan.

Semoga Yeri dan guru-guru lainnya yang senasib dengannya mendapatkan perhatian dari pemerintah atau pihak terkait sehingga kehidupannya bisa menjadi lebih baik. Karena darinya akan lahir generasi dan pemimpin cerdas serta berkualitas.

Posted from WordPress for Android

Posted on 6 Maret 2015, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: