Kyai Azaim : Temu Kangen Alumni “Kulluhum” Untuk Mengenang Tradisi Kuno Sukorejo

image

SERAMBIMATA – Dua hari lagi 8 Maret 2015 acara puncak Haul Majemuk Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo KHR. Syamsul Arifin, KHR. As’ad Syamsul Arifin dan  KHR. Achmad Fawa’id akan digelar, setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan menyambut acara rutin tahunan tersebut. Salah satu yang cukup menarik perhatian dari rangkaian acara tersebut adalah acara Temu Kangen Alumni yang tahun ini mengambil tema “Kulluhum”.

image

Pengasuh Pesantren KHR Azaim Ibrahimy pada acara Haul khusus para tetangga sekitar pesantren

Pengasuh keempat Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo KHR Achmad Azaim Ibrahimy mengungkapkan, tema “kulluhum” pada acara temu kangen Alumni tahun ini sengaja diambil untuk mengenang kebiasaan-kebiasaan lama yang pernah ditradisikan oleh santri kuno di masa kepemimpinan para pendiri dan pengasuh sebelumnya.

“Kalimat tersebut mengenang istilah santri Sokarajjhe se kona” Ungkap Kyai Azaim saat ditanya Serambimata tentang maksud istilah “kulluhum” dalam acara temu kangen alumni Salafiyah.

Para santri terdahulu punya kebiasaan mengeluarkan istilah “Kulluhum” untuk mengajak santri lainnya makan bersama usai masak nasi di dapur umum atau disaat dikirim nasi “gulungan” oleh orang tuanya. Cara ini cukup manjur untuk menjalin kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan sesama santri saat itu.

“Kata kulluhum itu dulu digunakan sebagai istilah atau ajakan utk makan bersama, disaat waktunya makan setelah memasak sendiri di dapur umum atau di saat salah satu santri dikirim makanan berupa “gulungan” oleh orang tuanya utk dimakan bersama”. Tambah Kyai Azaim.

Kyai muda lulusan Ma’had Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki al-Hasani Timur Tengah ini menambahkan, acara temu kangen Alumni yang akan digelar Sabtu-Minggu 7-8 Maret ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pengurus Pusat Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) dalam menyambut haul masyayikh yang biasa dikenal dengan Reuni Alumni. Namun kegiatan tersebut, sekarang dikemas dengan santai untuk melepas kangen sesama alumni.

Diperolah dari edaran yang disebar panitia, jadwal temu kangen alumni Sikarajjeh Kulluhum akan diawali dengan konvoi bersama menuju Sukorejo dari Lapangan Kapongan Situbondo dan Lapangan Bajulmati Wongsorejo Banyuwangi pada tanggal 7 Maret 2015 jam 14.00-15.00 WIB.

Pada pukul 15.00-16.30 para peserta konvoi melanjutkan dengan berjalan kaki dari parkir bukit masali menuju kampus IAII dengan disambut oleh Pengasuh KHR. Azaim Ibrahimy.

Sesuai dengan tema “Kulluhum” jam 16.30 -19.15  akan dilaksanakan sholat Maghrib dan Isya’, istirahat menikmati kopi, bunggul, geddheng kolop, sabreng kolop hingga tiba waktunya berkumpul di aula jam 19.15-23.00 untuk reuni bersama pengasuh, pengurus IKSASS dan alumni.

Di malam hari, pada 22.30-02.00 para alumni bisa istirahat di kampus IAII sambil nyantai menikmati nase’ gulungan kulluhum, kacang kolop dan jagung bakar. Setelah itu pada tanggal 8 Maret 2015 jam 02.00-04.30 akan dilaksanakan Gerak Bathin bersama di Asta/Maqbarah para Al marhumin bersama Pengasuh dan dilanjutkan Sholat Subuh berjamaah.

Pada pukul 04.30-07.30 kembali ke penginapan/kampus IAII untuk olah raga ringan dan menikmati genlanggen pagi, kopi, buggul, pisang goreng, kacang kolop, dilanjutkan mandi, sholat Dhuha dan sarapan pagi bersama menikmati nase’ talaman kulluhum.

Yang tidak kalah pentingnya dari acara temu kangen itu yaitu acara apol kompol membahas isu-isu kepesantrenan, kemasyarakatan dan  kebangsaan dengan salah satu agenda penting dan menarik yaitu usulan gelar Pahlawan Nasional kepada KHR. As’ad Syamsul Arifin. Serangkain kegiatan yang dikemas dalam acara sarasehan ini dijadwalkan pada pukul 07.30 hingga 11.00 WIB.

Usai menikmati makan siang nase’ bundhu’en dan Sholat Dhuhur berjamaah para alumni dan simpatisan Pondok Pesantren Salafiyah Sukorejo langsung mengikuti acara puncak Haul Majmuk para Pendiri dan Pengasuh KHR. Syamsul Arifin, KHR. As’ad Syamsul Arifin dan  KHR. Achmad Fawa’id.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Pengurus Pusat IKSASS Drs. Munif Shaleh berharap dengan acara pra Haul yang dikemas dalam bentuk “Temu Kangen Alumni Sukarajjeh Kulluhum” para alumni dapat mengenang masa lalu di Pondok Pesantren dari masa ke masa, berbaur bersama, saling berbagi kebaikan dan kenangan.

Tidak hanya itu ia juga yakin kegiatan tersebut akan dapat mendekatkan para alumni secara emosional dalam melakukan interaksi sesama alumni dan pengasuh setelah masa kepenatan selama pengabdian dan perjuangan di masyarakat.

Posted from WordPress for Android

Posted on 6 Maret 2015, in Sosial and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: