Korban Begal Selamat Berbagi Tips Hindari Begal Saat Sendirian

image

SERAMBIMATA – Pernah jadi korban bekal membuat pria ini terpanggil untuk berbagi tips agar pengendara motor lainnya terhindar aksi nekat para begal motor, setidaknya pada situasi genting dan tidak mungkin menyelamatkan motor kesayangan, pengendara yang sedang sendirian dapat menyelamatkan jiwanya dari aksi begal motor yang tidak segan-segan melakukan kekerasan.

Maraknya kasus pembegalan motor membuat para pengendara harus lebih berhati-hati khususnya ketika berkendara sendirian, karena di trek yang sepi membuka para perampas motor leluasa melakukan aksinya.

Agar terhindar dari begal motor berikut ada tips disampaikan raider, Abang Fahmi Arrandy yang pernah mengalami perampokan motor di daerah Pasuruan pada akhir tahun 2013 silam dan sampai sekarang belum ada kejelasan motornya.

Yamaha Byson yang dirampas berwarna merah dengan nomor polisi N 6050 BS. Berangkat dari pengalaman tersebut, Fahmi yang biasa disapa ‘Byson Raider’ memberikan evaluasi untuk pengendara, terutama saat single riding atau berkendara sendirian. (Baca : ¬†Waspada ! Keganasan Begal Terjadi Hingga Ke Bondowoso Jawa Timur)

Berikut tips yang diberikan Fahmi, belajar dari musibah yang pernah dialaminya :

1. Kenali jalur yang akan kita lalui dari berbagai sumber, terutama dari warga sekitar. Jangan enggan untuk bertanya terkait keamanan ketika melalui jalur tersebut.

2. Hindari jalanan yang lurus dan sepi. Trek lurus memberikan peluang bagi pembajak mengejar kita. Sesekali berhenti di sekitar warga atau kampung yang beraktifitas, meski tidak kelihatan ada yang mengikuti untuk menghindari kejaran pembajak yang tidak kita ketahui.

3. Jangan menyimpan barang berharga di Braket / box motor, simpan pada tas yang bisa di bawa kemana-mana.

4. Bila pun sudah terjadi perampasan, pastikan cekatan untuk segera memperhatikan siapa dari mereka yang membawa senjata untuk segera menghindar, jangan pernah menukar nyawa dengan berebut motor. Kenali dengan cepat dan wajib mengingat ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang dipakai pelaku.

5. Saat masuk jeratan pembegal, berusaha menepi dan katakan “OK, saya menyerah”. Turun dari motor, ambil pasir dari tepi jalan, dengan berpura pura jatuh, lempar pasir dari arah dagu pembegal ke arah kening, dengan tujuan membutakan sementara. Berlari ke arah warga untuk minta pertolongan atau sebagai saksi.

6. Jika memang terpaksa gunakan ballpoint untuk menusuk leher saat terjadi perkelahian dengan pembegal, karena bagian leher jarang tertutup.

7. Khusus untuk wilayah Pasuruan, jangan sekali-kali riding sendiri, pada trek jalur yang sepi. Hal ini berdasarkan pengalaman Byson Raider yang motornya dirampok orang di daerah tersebut.

Untuk wilayah lainnya di luar Pasuruan sebaiknya tetap berhati-hati dan menghindari jalan sepi terutama ketika berkendara sendirian. Ini demi kenyamanan dan keselamatan jiwa anda dan keluarga. (Baca : Ini Cara Aman Dari Begal Saat Pulang Malam Hari)

Posted from WordPress for Android

Posted on 7 Maret 2015, in Sosial and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. sama.. saya juga pernah jadi korban pembegalan di wilayah pasuruan, tepatnya di watu kosek 17 oktober 2013, vixion lightning nopol S 4914 SD raib. Modusnya touring.. jumlah begal 10 orang dengan menggunakan 5 sepeda motor. sampai sekarang belum di temukan. berhati-hatilah saat berkendara bagi para bikers

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: