Pahami Tanda-Tanda akan Terkena Penyakit Diabetes Berikut ini

image

SERAMBIMATA – Salah satu penyakit yang paling ditakuti selain kanker, jantung dan stroke adalah diabetes atau dikenal dengan kencing manis. Karena penyakit yang satu ini tak jarang berujung kematian. Pasalnya, dari penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula darah dalam butuh itu menjadi biang munculnya penyakit lain. Karenanya, mendeteksi tanda-tanda awal penyakit diabetes penting untuk diketahui.

Penyakit diabetes tak mengenal usia sama sekali. Satu dari lima orang usia 50 tahun terkena diabetes. Satu dari empat orang usia 60 tahun bisa terkena diabetes. Namun, memang rata-rata penderita diabetes adalah orang-orang yang sudah tua. Karena semakin tua seseorang pankreasnya semakin mundur, kemampuan insulinnya juga makin berkurang.

Manusia yang memiliki pola hidup tidak sehat, mereka sebenarnya mempunyai insulin juga, namun tidak bisa bekerja dengan baik karena gaya hidupnya yang tidak baik. 

Gaya hidup yang buruk itu contohnya adalah kita suka menghilangkan sarapan pagi, atau setelah makan malam kita sering duduk-duduk nongkrong sampai malam sambil makan atau sekedar ngemil hingga kenyang, lalu minimnya aktivitas yang membakar kalori.

Seringkali keluhan diabetes selalu tidak kentara. Meski begitu, ada beberapa ciri yang mungkin harus diwaspadai, diantara gejala awalnya (Tahap I) adalah sebagai berikut:
– Sering kencing.
– Sering haus.
– Mudah lapar.
– Berat badan menurun.

Orang terkena diabetes itu kencingnya akan lebih banyak karena diabetes tersebut menarik gula. Setiap hari, tubuh membutuhkan kalori untuk beraktivitas, namun gula yang ada dalam tubuh tidak dipakai sehingga menumpuk dan lebih lanjut, kalori didapatkan dengan cara menggerogoti bagian tubuh yang lain. 

Kebanyakan orang tidak akan berpikir bahwa itu diabetes. Namun sudah pada tahap gejala selanjutnya, seseorang akan bingun dan memeriksakan diri ke dokter, padahal sudah agak terlambat. Andai saja empat gejala awal dikenali sejak dini.

Berikut Gejala Diabetes Setelah Tanda Pertama:
– Mata mulai kabur.
– Gatal-gatal.
– Pegal.
– Luka yang tidak sembuh-sembuh.

Seseorang baru akan menyadari kalau dia terkena diabetes setelah bagian terluka, namun tak kunjung mengering dan sembuh.

Tak hanya itu saja, diabetes adalah penyakit yang menjadi pemicu timbulnya penyakit komplikasi seperti penyakit:
– Jantung.
– Stroke.
– Gagal ginjal.

Sumbernya adalah dari gula tinggi yang merusak darah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengatur gaya hidup sehat dengan cara sebagai berikut, sekaligus untuk mencegah penyakit diabetes datang.
– Atur pola makan.
– Makan tiga kali sehari secara teratur.
– Menjaga berat badan ideal.
– Tidak merokok.
– Life Style.

Posted from WordPress for Android

Posted on 12 Maret 2015, in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: