Sebelum Terjangkit, Hindari Penyakit Diabetes Dengan Cara Ini

image

SERAMBIMATA, Jagalah sehat sebelum sakit ! Pesan Rasulullah tersebut mengingatkan kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat sebelum sakit tiba-tiba datang menyerang tubuh kita. Oleh karena itu tidak cukup hanya memahami tanda dan gejala suatu penyakit. Lebih dari itu, yang tidak kalah pentingnya adalah memahami berbagai cara agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa datang tiba-tiba.

Ingatlah bahwa penyakit diabetes itu tak mengenal usia. Menurut survey, satu dari lima orang usia 50 tahun terkena diabetes. Satu dari empat orang usia 60 tahun bisa terkena diabetes. Namun, memang rata-rata penderita diabetes adalah orang-orang yang sudah tua. Karena semakin tua seseorang pankreasnya semakin mundur, kemampuan insulinnya juga makin berkurang.

Remaja yang gemuk pun tetap mempunyai potensi terkena diabetes ini. Memang orang yang gemuk tidak selalu mengidap diabetes pada saat itu juga, Namun, orang yang gemuk suatu saat pasti akan terkena diabetes jika tidak segera menurunkan berat badan dan merubah pola hidupnya. 

Yang menjadi bahaya adalah bahwa penyakit diabetes itu adalah penyakit yang menjadi pemicu timbulnya penyakit komplikasi seperti penyakit Jantung, Stroke, dan gagal ginjal. Tiga penyakit yang memiliki harapan hidup tipis sekali kecuali segera ditangani dan tinggalkan kebiasaan buruk yang memicu sakit kencing manis itu.

1. Perbanyak

Cara sederhana pertama adalah dengan menkonsumsi bahan makanan yang low kalori. Sarapan pukul tujuh pagi. Sarapan sangat penting sekali karena pada pagi hari aktivitas kita banyak dan perlu banyak berpikir. Jika tidak sarapan, maka pankreas kita akan kalang kanut mencari mangsa sehingga dia akan menggerogoti liver nantinya.

Kalau sudah menggerogoti liver, hal ini sangatlah berbahaya karena akibatnya bisa fatal. Rutin makan tiga kali sehari bisa meminimalisir penggerogotan bagian tubuh lainnya. Makan siang jam satu dan pukul tujuh makan malam, serta pukul tujuh makan pada pagi harinya.

Semakin cepat makan malam maka akan semakin baik, karena kebanyakan orang setelah makan malam tidak melakukan aktivitas lagi sehingga kalorinya tidak dibakar. Jadi, untuk porsi makan malam sebaiknya dikurangi.

Sedangkan untuk jenisnya sebaiknya perbanyak makan makanan yang high fiber danlow calorie seperti buah dan sayur. Jika ingin manis, makanlah yang mengandung gula alami seperti buah-buahan, tetapi hindari buah musiman karena buah musiman cenderung tinggi kalori seperti buah mangga, rambutan, duku, durian dan sebagainya.

2. Gunakan Tips Metode 20 – 20 -20

Ada beberapa tips yang diberikan oleh para ahli diabetes yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit diabetes. 
Yang pertama adalah selalu cek gula darah sevara berkala. Biasanya gula darah tinggi terjadi pada sore hari dan pada malam hari sehingga sebaiknya gula dara dicek pada dua waktu tersebut.

Yang kedua adalah dengan makan makanan yang sehat, olahraga yang teratur, serta gaya hidup yang benar.

Sedangkan yang terakhir adalah untuk para pekerja kanor yang menghabiskan waktunya untuk duduk, maka lakukanlah metode 20:20:20. Maksudnya adalah setelah 20 menit bekerja, luangkan waktu 20 detik untuk berjalan-jalan di sekitar tempat kerja dan layangkan pandangan sejauh 20 meter di sekitar untuk me-refresh-kan otak sekaligus olahraga ringan.

Jika memiliki gula darah tinggi, maka usia kita akan berkurang 10 tahun. Namun apabila kita bisa mengendalikan gula darah, maka usia kita akan bertambah 10 tahun.

Posted from WordPress for Android

Posted on 13 Maret 2015, in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: