Sungai Terkotor di Dunia Ternyata Ada Di Indonesia

image

SERAMBIMATA, Indonesia ternyata tidak hanya dipandang sebelah mata karena menjadi salah satu negara paling korup di dunia, negara dengan ibu kota paling macet di dunia atau predikat tidak mengenakkan lainnya. Ternyata Republik ini juga menyandang sebagai negara dengan sungai paling kotor di dunia. Sungai apakah itu? Atau jangan-jangan salah satu sungai di tempat anda.

Sungai itu bernama Citarum, sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Bayangkan saja, setiap harinya sekitar 100 ton tinja atau kotoran manusia mencemari Sungai tersebut. Perilaku manusia yang belum sadar akan pencemaran sungai membuat kondisinya kian parah. Tak ayal, sungai tersebut sempat menyandang predikat sungai terkotor dunia.

“Itu sudah berdasarkan penghitungan berapa jumlah penduduk, berapa masyarakat yang tidak menggunakan fasilitas MCK (mandi cuci kakus). Jadi yang tidak menggunakan MCK tadi berapa puluh ribu orang sudah dihitung. Hasilnya sehari 100 ton tinja per harinya, itu manusia saja,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar usai menghadiri ‘Peringatan Hari Air Se-dunia’ di Babakan Siliwangi Bandung, Minggu (22/3).

Selain tinja, pencemaran sungai juga hadir dari industri, sampah per orangan dan hewan. Kondisi tersebut menjadikan Citarum kian parah.

“Belum lagi kotoran hewan dan sampah. Jadi sudah dihitung, kalau rata-rata setiap orang buang seperempat kilogram ya hasilnya segitu,” jelas Deddy.

Untuk mengurangi masalah tersebut, Pemprov Jabar saat ini terus menggenjot pembangunan MCK. Anggaran sanitasi tahun ini saja Rp 600 miliar digelontorkan untuk memperbaiki masalah klasik tersebut.

“Kebutuhan sanitasi banyak. Sekarang budget sanitasi Rp 600 miliar,” jelasnya.

Dia meminta masyarakat untuk sadar akan pencemaran sungai. Meski fasilitas MCK sudah dibangun pemerintah, masih saja ada masyarakat yang tidak menggunakannya.

“MCK dibuat banyak, tapi memang masih saja ada yang buang ke sungai. Ini culture, ini edukasinya yang harus terus menerus dilakukan. Mungkin yang biasanya berendam, ini tiba-tiba nongkrong mungkin enggak enak,” terangnya.

Posted from WordPress for Android

Posted on 22 Maret 2015, in Sosial and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: