SMA Finlandia Akan Menghapus Pelajaran Matematika dan Fisika

image

SERAMBIMATA, Masih ingat ulasan Serambimata tentang Finlandia dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia? Meskipun pengelolaan di sektor pendidikan diakui dunia, negara dengan ibu kota Helsinki ini terus tak henti melakukan inovasi, hingga rencana negara ini untuk menghapus pelajaran Matematika dan Fisika pada tingkat SMA. (Baca : Mengintip Finlandia, Negara Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik Di Dunia)

Finlandia, salah satu negara yang rujukan pendidikan terbaik di dunia akan mencoba satu hal yang fenomenal dalam pendidikan modern mereka. Pada tahun 2020, negara ini berencana untuk tidak mengajarkan Matematika, Fisika dan Kimia sebagai mata pelajaran individu. Sebagai gantinya, sekolah di Finlandia akan mengganti mengajarkan ketiga pelajaran tersebut dalam tema yang lebih luas.

Perubahan ini diusulkan agar para siswa tidak lagi bertanya ‘untuk apa gunanya semua ini?

Guru di Finlandia nantinya akan mengajarkan Matematika dan Fisika serta Kimia dengan memasukkan tema-tema tertentu. Sebagai contoh, nantinya para siswa akan menghabiskan waktu dua jam pelajaran untuk mempelajari tema Uni Eropa. Nantinya, dalam tema tersebut, para siswa juga akan sekaligus belajar bahasa, Ekonomi, Sejarah dan Geografi. Atau, nanti para siswa akan belajar praktik di kantin yang membuat para siswa bisa mempelajari Matematika, Bahasa serta ketrampilan komunikasi. 

Jadi, meskipun siswa masih akan mempelajari teori-teori ilmiah yang wajib, siswa bisa akan lebih tertarik untuk mencari tahu dengan metode yang diterapkan ini.”Yang kami butuhkan adalah jenis pendidikan yang berbeda untuk mempersiapkan anak didik lebih siap bekerja,” ujar Manajer Pengembangan Pendidikan Helsinki, Pasi Silander seperti dikutip Sciencealert.

Menurut dia, dunia pendidikan kini semakin maju. Jika dulu pegawai bank dituntut harus pandai berhitung, namun sekarang tidak lagi demikian. Marjo Kyllonen, Manajer Pendidikan Helsisnsi, mengatakan Finlandia perlu mereksontruksi pendidikan dan membuat rencana ulang ulang sistem pendidikan yang sudah ada sehingga anak-anak lebih siap untuk menghadapi masa depan.

“Ada sekolah yang mengajar dengan cara kuno yang bergna di tahun 1990an tapi kebutuhan ini tidak sama dengan kebutuhan abad 21,” kata dia.

Rencananya, pelajaran individu ini mulai akan dihapus untuk pelajar usia 16 tahun. Sebanyak 70 persen guru SMA kini sudah dilatih mengajar dengan pendektan baru ini. Sistem baru ini diharapkan bisa berlaku di Finlandia pada 2020 mendatang. Filandia dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan yang terbaik. Secara konsisten, Finlandia menduduki peringkat bergengsi PISA dalam bidang Matematika, sains serta membaca.

Posted from WordPress for Android

Posted on 25 Maret 2015, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kalau yg ini kurang tepat kalau ditiru di Indonesia. Anak Indonesia masih perlu mata pelajaran-mata pelajaran ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: