Muhibah Ummat 4, Kyai Azaim dan Rombongan Disambut Tangis dan Haru

image

Salah satu tokoh masyarakat merangkul KHR Ahmad Azaim Ibrahimy sambil menangis terharu

SERAMBIMATA, Kerinduan masyarakat yang tinggal di tempat-tempat terpencil akan kehadiran Ulama dan tokoh yang peduli dan mau melihat langsung keadaan mereka sangat terasa di Muhibbah Ummat tahap ke-4 kali ini. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat ketika bertemu dengan Rombongan Muhibah Ummat 4 Dewan Masjid Indonesia (DMI) Situbondo yang didukung oleh Polres Situbondo dan Bank Syari’ah Mandiri.

Warga yang di tinggal di lereng-lereng pegunungan, dusun dan desa-desa terpencil yang tersebar di Kecamatan Sumbermalang Situbondo hanyut dalam suasana haru dan diwarnai hujan tangis pada saat Penasihat DMI Situbondo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dan ketua DMI KHR Abdullah Faqih Gufron beserta rombongan Muhibah Ummat 4 datang menemui mereka dengan berjalan kaki.

image

Kyai Azaim, Kyai Faqih, Kapolres Situbondo dan peserta muhibah ummat saat berjalan kaki dari desa ke desa/dusun ke dusun

Salah satu tokoh masyarakat setempat mengaku merasa bangga dan tak mengira desanya yang sangat terpencil didatangi Kiai Azaim, Kyai Faqih dan tokoh penting lainnya beserta rombongan muhibah ummat. Apalagi perjalanan ditempuh dengan jalan kaki bahkan tidak sungkan untuk singgah dan bermalam di rumah-rumah penduduk.

“Ini baru sekarang terjadi, Seorang Kyai Azaim, Kyai Faqih dan Kapolres datang menemui kami dan berkenan bermalam di rumah kami dengan fasilitas seadanya” kata Ustadz Jamhari, salah satu tokoh masyarakat yang rumahnya menjadi tempat bermalam Kyai Azaim dan Kyai Faqih dengan logat madura yang kental.

image

Kyai Azaim, Kyai Faqih, dan peserta Muhibah Ummat saat berkunjung ke salah satu rumah penduduk

Seperti kegiatan sebelumnya, kali ini Dewan Masjid Indonesia (DMI) Situbondo tetap menggandeng Kepolisian Resort (Polres) Situbondo dan Bank Mandiri Syari’ah untuk mendukung dan mensukseskan¬† program Muhibah Ummat 4 yang dilaksanakan mulai 10 hingga 12 April 2015.

Selain datang dan menemui langsung ke rumah-rumah penduduk, kegiatan muhibah juga dipusatkan di tujuh Masjid yang tersebar di tiga desa, yakni Taman Kursi, Sumber Argo dan kalirejo. mulai dari pengajian, pembinaan ketakmiran dan remaja masjid, penyuluhan Kamtibmas oleh Polres Situbondo, penyerahan bantuan untuk masjid, pemberian santunan kepada kaum dhu’afa, khitanan massal, pengobatan gratis dan bakti sosial.

Perjalanan dari tempat yang satu ke tempat lainnya yang cukup jauh dan harus naik turun gunung bahkan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, namun tak menyurutkan semangat peserta untuk sampai ke tempat tujuan dan dapat menemui ummat secara langsung. Bahkan di tengah perjalanan peserta sempat diguyur hujan, beruntung sebagian peserta termasuk Kyai Azaim, Kyai Faqih dan Kapolres Situbondo menyiapkan Jaz hujan sehingga bisa melanjutkan perjalanan, sedangkan peserta lainnya memilih berteduh di masjid hingga hujan reda.

KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, di setiap kesempatan selalu mengingatkan masyarakat agar senantiasa menjaga sholatnya. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo itu menyampaikan, mencari nafkah dengan niat memenuhi kebutuhan keluarga adalah ibadah dan bernilai pahala asal tidak sampai meninggalkan kewajiban sholat lima waktu, apalagi bisa melaksanakan sholat di rumah Allah (masjid).

image

KHR Achmad Azaim Ibrahimy meberikan siraman rohani di salah satu masjid yang disinggahi peserta muhibah ummat

Sementara itu, ketua DMI Situbondo, KHR Abdullah Faqih Gufron berharap dengan kegiatan Muhibah Umat ini, Masjid-masjid yang disinggahi semakin makmur, maju dn jama’ahnya semakin kompak melaksanakan sholat berjamaah di Masjid. (Hans)

Posted from WordPress for Android

Posted on 14 April 2015, in Agama, Sosial and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Salut buat KH. Zaim dan yang lain, di jaman yg akhir ini sangat sulit mencari tokoh yg peduli dan terjun langsung ke masyarakat bawah. Biasanya hanya minta di SOWANI melulu… ?

    Suka

  2. Faizin syamwil

    Muhibbah kreatif, salut untuk dakwah yg sangat menyegarkan dahaga ummat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: