Tahun 2015, Puasa Ramadhan Terpanjang Dalam 32 Tahun Terakhir

image

SERAMBIMATA, Bagaimana rasanya bila sehari terasa lebih panjang dari hari biasanya, apalagi hal itu terjadi di bulan Ramadhan pada saat umat Muslim seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Pasti akan terasa berbeda, belum lagi ditambah dengan cuaca panas menyengat.

Tapi demikianlah hasil perhitungan pengamat astronomi di Sharjah Planetarium, ia mengungkapkan jam puasa Ramadan tahun ini akan menjadi yang terpanjang dalam 32 tahun terakhir.

Ibrahim Al Jarwan dari Sharjah Planetarium mengatakan jam puasa untuk tahun ini diperkirakan sekitar 15 jam lebih 15 menit.

“Setiap tahun jam puasa selalu meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini akan berlanjut hingga Ramadan tahun 2018 saat jam puasa mulai berkurang secara bertahap,” kata Al Jarwan kepada harian¬†Al Roeya dikutip Emirates 24/7, Rabu 29 April 2015.

Ditambahkan Al Jarwan, suhu selama bulan Ramadan akan berkisar antara 42 derajat Celcius hingga 44 derajat Celcius tahun ini.

Suhu tersebut mungkin meningkat hingga menyentuh 50 derajat Celcius di wilayah padang pasir saat terjadi gelombang panas.

Suhu bulan Ramadan tahun ini akan naik setiap dua minggu sekali dan menyentuh 48 derajat Celcius dan 50 derajat Celcius untuk sehari atau dua hari.

Namun sebagian besar hari-hari dalam bulan Ramadan tahun ini suhunya sekitar 42-43 derajat Celcius.

Menurut perhitungan astronomi, jam puasa Bulan Suci tahun ini bervariasi, tergantung pada tanggal awal hari empat musim di wilayah Uni Emirat Arab.

Bila benar prediksi astronomi tersebut, semoga kita masih diberi kekuatan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, dan tak menyurutkan semangat untuk tetap menjalankan salah satu kewajiban tahun tersebut.

Posted from WordPress for Android

Posted on 29 April 2015, in Agama and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. tetap saja di Indonesia dari imsya’ sampai buka, masih lebih pendek ketimbang Eropa.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: