Hasil Survei Terbaru, Kualitas Pendidikan Singapura Terbaik di Dunia, Indonesia?

image

Salah satu kegiatan pembelajaran di Singapura

SERAMBIMATA, Mengejutkan, Salah satu negara di Asia Tenggara yang bernama Singapura, dinobatkan sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Negara yang dijuluki dengan negara seribu satu larangan tersebut berhasil menyingkirkan Jepang, Korea Selatan bahkan negara-negara Eropa. Lalu bagaimana dengan kualitas pendidikan Indonesia? Urutan keberapakah ?.

Daftar kualitas pendidikan negara anggota Organisasi Kerja Sama Ekonomi Pembangunan (OECD) dirilis hari ini, Rabu (13/5) oleh BBC dan Financial Times. Hasilnya Singapura dinobatkan sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik sedunia.

Kemampuan matematika, membaca menulis, serta pengetahuan umum siswa sekolah dasar hingga usia 15 di Negeri Singa dinilai paling wahid dibanding 76 negara OECD lainnya. Setelah Singapura, negara lain yang membayangi di urutan dua adalah Hong Kong, disusul Korea Selatan. Kejutan terbesar adalah Vietnam, kini bercokol di urutan 12 dunia versi OECD.

Ketika semakin banyak negara Asia menjulang di daftar buatan OECD ini, peringkat Indonesia ‘nyungsep’ di urutan 69, hanya unggul tujuh peringkat dari Ghana yang ada di daftar terbawah. Dibandingkan Thailand (47) dan Malaysia (52) yang sama-sama poros ekonomi Asia Tenggara, Indonesia pun tertinggal.

Direktur Pendidikan OECD, Andreas Schleicher, mengatakan pemeringkatan ini dapat memberi perbandingan sistem pendidikan setiap negara.

“Sehingga setiap negara dapat menemukan kelebihan dan kekurangannya, serta melihat dampak pendidikan terhadap ekonomi dalam jangka waktu yang panjang,” ujarnya.

Tapi, dari pemetaan OECD ini, negara-negara maju mulai dikejar oleh bangsa asal Asia. Swedia anjlok dari peringkatnya yang biasa masuk 5 besar. Demikian pula Amerika Serikat (28) yang bahkan merosot disalip Vietnam.

Saat ditanya apa yang membedakan kualitas negara di peringkat atas di daftar ini, Schleicher menekankan intinya adalah guru. Sekolah di negara-negara maju Asia fokus meningkatkan kualitas pendidik.

“Negara-negara itu juga sangat pandai dalam merekrut guru-guru berbakat untuk mengajar di ruang kelas yang paling menantang, sehingga setiap siswa diberi akses ke guru-guru terbaik.”

Berikut daftar lima negara dengan pendidikan terbaik versi OECD

1. Singapura

2. Hong Kong

3. Korea Selatan

4. Jepang

5. Taiwan

Berikut lima negara dengan pendidikan terburuk versi OECD:

1. Oman

2. Maroko

3. Honduras

4. Afrika Selatan

5. Ghana

Posted from WordPress for Android

Posted on 18 Mei 2015, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Amerika Serikat disalib Vietnam?? Ah…yg bener…!

    Suka

  2. Kalau nilai TERBAIK ditentukan dari prosentase terserapnya tenaga kerja dari dunia pendidkan, itu saya kira justru lebih relevan untuk diterapkan di Indonesia.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: