PNS Berijazah Palsu Harus Kembalikan Gaji ?

image

SERAMBIMATA, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) berjanji akan memeriksa ijazah PNS di seluruh Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan apakah berijazah palsu atau tidak. Sementara bentuk sanksi yang akan dijatuhkan kepada PNS yang ketahuan berijazah palsu masih terus dibahas, salah satu sanksi yang diwacanakan adalah mengembalikan gaji. Kabarnya MenPAN-RB setuju terhadap bentuk sanksi tersebut. Kalau anda?

Dilansir dari JPNN, MenPAN dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menyatakan, sejauh ini belum ada sanksi berupa penarikan kembali gaji dari PNS yang terbukti memakai ijazah palsu. Namun, menurutnya, wacana itu bisa dipertimbangkan.

“‎Itu bisa dipertimbangkan. Tapi kami belum sampai pada hal tersebut.  Masing-masing inspektorat akan lakukan penelaahan, kan ada PP-nya,” ujar Yuddy di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu, (3/6).

Menurut Yuddy, inspektorat setiap kementerian/lembaga bisa saja mengeluarkan sanksi tersendiri yang berkaitan dengan penarikan kembali gaji tersebut. Menurutnya, hal itu termasuk sanksi tegas selain pencopotan jabatan.

‎”Misalnya ijazah palsunya sudah dipergunakan 3 tahun. Dengan ijazah palsu itu pangkatnya naik 1 tingkat, dapat gajinya lebih tinggi, bisa saja diminta  kembalikan kerugian negara akibat kebohongan tersebut. Tapi sejauh ini belum bahas itu yah. Masih pencopotan dan penurun pangkat,” imbuh Yuddy.

Soal penyisiran ijazah palsu, sambung Yuddy, tidak akan ada batas waktu. Inspektorat setiap kementerian/lembaga akan tetap melakukan penyisiran ‎terhadap semua dokumen PNS.

“‎Tidak akan ada batas waktu, sampai bener-bener bersih seluruh aparatur pemerintah. Khususnya PNS, TNI, Polri, betul-betul bersih dari ijazah palsu‎,” tandas Yuddy. 

Posted from WordPress for Android

Posted on 4 Juni 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: