Pensiun Dini Bagi PNS Malas dan Muda Berprestasi

image

SERAMBIMATA, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang malas dianggap menjadi beban pemerintah karenanya akan dipensiunkan dini. Tidak hanya itu, PNS muda dan berprestasi juga diperbolehkan mengajukan pensiun dini. Lho kok…?

Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, Kementerian PAN-RB akan mempertimbangkan anjuran pensiun dini bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang malas bekerja. PNS malas, kata dia, akan menjadi beban bagi pemerintah.

“Pensiun dini bagi PNS malas bisa dipertimbangkan, bisa dikaji, untuk penyegaran. Daripada dia malas menjadi beban pemerintah, kalau tidak mau kerja lebih baik ada penyegaran sumber daya manusia andal,” kata Yuddy, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Yuddy menekankan, pemerintah tidak bisa serta-merta memberhentikan atau meminta PNS untuk pensiun dini karena ada persyaratan dan proses yang tidak mudah.

“Dalam ketentuannya, PNS bisa diberhentikan kalau tersangkut tindak pidana, karena keinginan sendiri, serta karena tindakan indisipliner yang masif,” kata Yuddy. Yuddy mengatakan, pensiun dini juga dapat diambil oleh PNS muda yang berprestasi, yang ingin berkarier di bidang lain di luar pemerintahan.

Dia mencontohkan, jika ada seorang PNS yang kariernya cepat meningkat dan sudah sampai tahap tinggi, maka PNS itu boleh mengajukan pensiun dini karena sudah mengabdikan diri di instansinya.

“Nanti mudah-mudahan bisa diatur dalam aturannya mengenai pensiun dini, khusus PNS berprestasi misalnya, syaratnya harus sudah 20 tahun di instansinya,” kata dia.

Hayo siapa yang mau mengajukan pensiun dini ?. Atau jangan-jangan anda termasuk PNS yang dipertimbangkan untuk dipensiunkan dini karena dianggap membebani pemerintah.

Posted from WordPress for Android

Posted on 10 Juni 2015, in Ekonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: