Wapres : Agar Bisa Bersaing, Sekolah Swasta Harus Kerja Keras

jusuf-kalla

SERAMBIMATA, Peringkat pendidikan Indonesia di dunia tak juga beranjak dari posisi terendah. Data terbaru tahun 2015, organisasi kerjasama dan pembangunan Eropa OECD merilis peringkat pendidikan Indonesia berada di peringkat 69 dari 78 negara atau peringkat ke 8 terbawah.

Karenanya, pemerintah dan  lembaga pendidikan harus segera berbenah untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Indonesia. Sekolah-sekolah negeri terutama swasta yang selama ini dinilai kurang bagus, harus bkerja keras agar dapat bersaing dengan sekolah negeri.

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta sekolah swasta di tanah air bersaing dengan sekolah negeri. Menurut JK, sapaan karibnya, hal itu penting untuk menjaga mutu pendidikan.

“Sekolah swasta sekarang ini dibutuhkan suatu kerja keras. Kenapa kerja keras? Karena sekolah negeri ini hampir semuanya secara UU dijamin oleh negara. Anggarannya tinggi, sehingga sebagian besar sekolah negeri tidak membayar,” kata JK, Minggu, (23/8).

Menurut JK, sekolah swasta akan kesulitan bersaing dengan negeri jika tidak kerja keras meningakatkan mutu. “Orientasi sekolah saat ini adalah orientasi mutu, bukan orientasi jumlah murid,” imbuh JK.

JK menambahkan, saat ini sekolah milik swasta dengan mutu sangat baik dan biaya lebih mahal menjadi favorit bagi para siswa. Pria asal Makassar itu juga mengatakan, ilmu pengetahuan dan pendidikan saat ini sangat dinamis.

Karena itu, masyarakat juga perlu bersikap dinamis terhadap ilmu pengetahuan. Jika tidak, Indonesia akan semakin ketinggalan dalam dunia pendidikan.

sumber JPNN.com

Posted on 25 Agustus 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: