Ingin Sehat Justru Lakukan 10 Kebiasaan yang Bikin Sakit Berikut ini

image

SERAMBIMATA, Memiliki tubuh sehat adalah dambaan setiap orang, untuk mewujudkan keinginan tersebut beragam cara dilakukan, mulai dari olah raga fisik hingga selektif dalam mengkonsumsi makanan. Sayangnya, tidak sedikit yang melakukan cara-cara yang dianggap menyehatkan padahal justru tidak baik bagi kesehatannya.

Inilah10 kebiasaan yang terlihat baik tapi bisa bikin tubuh sakit. Dilansir dari boldsky.com.

1. Gosok gigi

Gosok gigi adalah langkah paling dasar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Sehingga para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk rajin melakukannya. Namun acara menggosok gigi bisa membahayakan terutama jika Anda lakukan setelah minum atau makan makanan yang tinggi akan asam. Sebab asam akan membuat enamel gigi Anda lemah. Dan ketika Anda menggosok gigi, maka enamel akan terkelupas dan kekuatan gigi Anda berkurang.
Untuk menyiasatinya, setelah makan sesuatu yang mengandung asam seperti jeruk, berilah waktu jeda selama 1 jam. Setelah itu Anda pun bisa menggosok gigi Anda.

2. Mencuci muka dengan sabun

Mencuci muka dengan sabun adalah hal yang wajar dan bahkan umum untuk dilakukan. Sebab sabun akan mengangkat lemak dan kotoran penyebab jerawat. Tindakan mencuci muka dengan sabun bisa membahayakan jika Anda menggunakan sabun muka yang keras. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih sabun pencuci muka. Pilihlah sabun dengan kandungan pH yang seimbang dengan kulit wajah Anda.

3. Makan sering

Saat Anda sedang diet, Anda pasti disarankan untuk makan secara sering dengan porsi yang kecil guna menghindari keinginan untuk ngemil tidak sehat atau makan secara berlebihan. Namun nyatanya tips ini juga tidak terlalu sehat. Sebab jika Anda lakukan di malam hari, pencernaan tubuh juga melambat. Jadi ada baiknya jika Anda memenuhi piring Anda dengan menu makanan sehat.

4. Latihan angkat beban setiap hari

Bagi Anda yang ingin memiliki badan yang seksi, selain olahraga Anda pasti juga akan memadukannya dengan latihan angkat beban. Karena ingin badan Anda segera terlihat seksi, maka Anda pun melakukannya setiap hari. Jika Anda termasuk dalam tipe yang di atas, maka segera hentikan kebiasaan ini, Sebab mengangkat beban setiap hari tidak baik karena otot Anda butuh untuk beristirahat. Berilah jeda agar hasil dari latihan beban tetap terlihat.

5. Minum suplemen kesehatan

Banyak iklan yang mengatakan bahwa minum suplemen kesehatan bisa mendukung kesehatan tubuh Anda. Namun nyatanya suplemen ini juga memiliki efek samping. Lebih baik pilihlah makanan yang benar-benar sehat, asli, dan alami daripada minum suplemen kesehatan yang mengandung bahan kimia.

6. Minum air kemasan

Minum air putih atau air mineral sangat disarankan agar Anda selalu terhidrasi dengan baik dan semua organ tubuh berjalan dengan baik. Namun kebiasaan buruk ini bisa membahayakan jika Anda minum air mineral dari botol langsung. Sebab bahan kimianya bisa larut dalam air yang Anda minum. Belum lagi jika botol dari air kemasan ini terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

7. Tidur terlalu banyak

Tidur memang wajib untuk dilakukan agar Anda beristirahat begitu pula dengan semua organ tubuh Anda. Walaupun begitu, jangan tidur dalam waktu yang terlalu lama. Sebab tidur yang terlalu lama justru akan membuat Anda lemas dan bingung.

8. Berjemur

Sinar matahari saat masuk ke tubuh akan diubah menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun jangan berjemur di siang hari yang terlalu terik sebab panasnya akan membakar kulit Anda dan justru akan membuat Anda berisiko tinggi untuk terkena kanker kulit.

9.  Cara salah dalam bermeditasi

Meditasi bermanfaat untuk membuat pikiran Anda menjadi tenang. Meditasi juga mampu membuat tingkat stres dan depresi menurun. Namun hasil meditasi tidak bisa berlangsung dengan maksimal jika Anda melakukannya dengan cara yang salah. Pilihlah tempat yang benar-benar tenang dan hindari keramaian. Meditasi yang dilakukan dengan salah justru tidak akan dapat membuat Anda mengontrol pikiran dengan baik.

10. Minum jus buah

Tidak ada yang salah dengan kebiasaan minum jus buah. Malahan kebiasaan ini mampu membuat tubuh Anda sehat. Namun siapa sangka bahwa minum jus buah mampu meningkatkan kadar gula darah Anda? Hal ini terjadi ketika Anda hanya minum ‘sisa’ dari buah yang Anda jus berupa air dan zat gulanya. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan mengolah atau membuat jus menggunakan cold pressed juicer. Sebab alat ini akan tetap menjaga nutrisi jadi buah yang Anda jadikan jus

Meskipun kebiasaan di atas dianggap sebagai kebiasaan sehat namun bisa membahayakan kesehatan Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Yuuk, kita biasakan pola hidup sehat dengan cara yang benar. Mulai dari sekarang.

Posted on 19 September 2015, in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Jadi pada intinya jika ingin sehat lakukanlah segala sesuatu sesuai aturanya ya min

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: