Ini Dia Lima Tragedi Terburuk dalam Sejarah Haji

image

SERAMBIMATA, Tragedi Mina yang menewaskan 700 lebih jamaah haji pasa Kamis 24 September 2015 lalu menyisakan duka yang dalam bagi ummat Muslim di seluruh dunia. Musibah tersebut juga mengingatkan pada sederetan tragedi terburuk yang terjadi dalam sejarah haji.

Jatuhnya korban wafat yang melebihi 700 orang menjadikan musibah Mina sebagai musibah terburuk kedua pada pelaksanaan haji. Situs Arabnews mencatat lima tragedi terburuk pada pelaksanaan haji.

1. Terowongan Mina

Musibah terburuk pertama terjadi pada 2 Juli 1990. Saat itu terjadi musibah terowongan Mina yang menyebabkan 1.426 jamaah haji wafat. Kebanyak korban yang wafat saat itu berasal dari Asia.

2. Musibah Mina 2015

Di urutan kedua adalah musibah Mina yang terjadi Kamis (24/9) kemarin. Pada tragedi ini lebih 700 jamaah haji tewas terinjak-terinjak dan 800 lebih lainnya menderita luka-luka. Berbagai spekulasi muncul pasca terjadinya musibah yang terjadi sekitar pukul 07.00 itu. Hingga berita ini dirilis, pemerintah Arab Saudi masih terus menyelidiki penyebab tragedi di Mina tersebut.

3. Protes Jamaah Haji Iran

Sedangkan musibah terburuk ketiga terjadi pada 31 Juli 1987 saat para jamaah haji dari Iran menggelar protes. Pada kejadian ini lebih dari 400 jamaah wavat dan 275 jamaah di antaranya berasal dari Iran.

4. Lempar Jumroh di Mina

Musibah terburuk keempat terjadi pada 12 Januari 2006. Peristiwa tersebut terjadi dalam prosesi lempar jumrah di Mina yang menyebabkan 364 jamaah wafat. Enam hari sebelumnya runtuhnya salah satu penginapan di Makkah menyebabkan 76 jamaah haji wafat.

5. Kebakaran Tenda Penginapan

Musibah terburuk kelima menyebabkan 343 jamaah wafat saat terjadi kebakaran di tenda penginapan jamaah haji di mina. Kebakaran tersebut disebabkan oleh kompor gas itu juga melukai sekitar 1.500 jamaah.

Posted on 26 September 2015, in Agama and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: