Tak Perlu Resah, Kemenristek Dikti Jamin Mahasiswa PTS Abal-abal

image

Menristek Dikti M. Nasir

SERAMBIMATA, Terungkapnya kampus abal-abal hingga dinonaktifkan ratusan perguruan tinggi yang dianggap bermasalah membuat para mahasiswa dan para lulusan dari kampus tersebut resah, lebih-lebih bagi mereka yang merasa telah mengikuti kuliah di kampusnya dengan aktif. Kondisi ini juga tidak luput dari perhatian Kemenristek Dikti.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan memindahkan mahasiswa yang selama ini belajar di perguruan tinggi swasta (PTS) abal-abal ke perguruan tinggi lain. Kemenristek Dikti bakal menjamin ijazah mahasiswa aktif yang mengikuti proses perkuliahan dengan benar.
 
Menristek Dikti M Nasir mengatakan, terkuaknya kasus PTS abal-abal bisa berimbas pada mahasiswa. Namun ia memastikan hal itu tidak serta merta mengancam nasib mahasiswa yang aktif belajar.
 
“Kalau institusinya yang bermasalah, tapi dia (mahasiswa) menjalani proses perkuliahan secara benar, kami sudah siapkan alternatifnya,” kata Nasir kepada Media, Kamis (2/10/2015).
 
Nasir mencontohkan, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Adhy Niaga yang terbukti kuliah secara benar dipindahkan Kemenristek Dikti ke perguruan tinggi lain. Hal itu berlaku untuk mahasiswa kampus abal-abal lainnya.
 
Tapi lain hal dengan kasus wisuda ilegal oleh tiga PTS yang bernaung di bawah Yayasan Aldhiana Nusantara (YAN). Hingga kini tim investigasi Kemenristek Dikti masih melakukan penyelidikan lebih mendalam.
 
“Kalau PTS itu statusnya non aktif, masih bisa melakukan proses pembelajaran, mahasiswa aktif silahkan kuliah dengan benar. Kalau lulus ijazahnya kami jamin, bukan palsu,” tegasnya.
 
Sebelumnya Kemenristek Dikti menonaktifkan 243 perguruan tinggai di Indonesia. Data tersebut diperoleh dari website Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XII. Perguruan tinggi yang dinonaktifkan tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia

Sumber Metrotvnews

Posted on 3 Oktober 2015, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: