Duuh, Calon Peserta UKG Banyak yang Dicoret, Apa Penyebabnya?

image

SERAMBIMATA, Bulan November 2015 yang akan datang Uji Kompetensi Guru (UKG) mulai akan dilaksanakan. Tapi siapa sangka, ada banyak calon peserta UKG yang dicoret sehingga tidak bisa mengikuti UKG. Apa penyebabnya?

Pelaksanaan Uji kompetensi guru (UKG) akan dilaksanakan bulan depan. Namun sejumlah daerah sudah mulai membuka penyaringan pra-UKG. Dalam penyaringan ini, guru-guru yang terindikasi abal-abal dicoret dari daftar calon peserta UKG.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, semua guru idealnya memang diharuskan untuk mengikuti UKG itu.”Namun harus benar-benar guru. Harus lolos verifikasi dan validasi,” katanya di Jakarta kemarin.

Pejabat yang akrab disapa Pranata itu mengatakan laporan bahwa ada guru calon peserta UKG dicoret bisa disebabkan karena sejumlah faktor. Seperti guru itu diangkat oleh sekolah atau satuan pendidikan tanpa aturan yang baku. Sehingga guru ini tidak memiliki database di dinas pendidikan setempat.

Laporan lainnya yang masuk adalah, calon peserta UKG dicoret karena diketahui bukan guru. Contohnya yang terjadi di Pekalongan, banyak ditemukan laboran dan pustakawan yang ikut-ikutan mendaftar untuk mengikuti UKG. Kondisi ini bisa disebabkan karena ada isu bahwa ketika lulus UKG, maka akan mendapatkan tunjangan profesi.

Pranata menegaskan pelaksanakan UKG sama sekali tidak terkait dengan pencairan UKG. Dia mengatakan UKG dilakukan semata-mata untuk pemetaan kualitas kompetensi guru di seluruh Indonesia.

Mayoritas pelaksanaan UKG dilakukan secara online melalui sistem computer based test (CBT). Sedangkan ada sebagian kecil daerah yang masih menjalankan UKG berbasis ujian tulis kertas.

Pejabat yang hobi kuliner Sunda itu menjelaskan, Kemendikbud terus berkoordinasi dengan pemda-pemda terkait pendaftaran UKG itu. Dia berharap dengan UKG ini Kemendikbud bisa menemukan landasan pengambilan kebijakan pembinaan untuk peningkatan kualitas guru.

Posted on 6 Oktober 2015, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: