Gus Dur, Pengemis dan Uang 5 Ribu

image

SERAMBIMATA, Inilah sekelumit kisah dari seorang KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tokoh yang tidak hanya dikenal cerdas dan humoris tapi juga peduli pada rakyat kecil sembari ia tunjukkan pada kita tentang kebenaran dahsyatnya sedekah.

Pada suatu pagi, Gus Dur -masih menjabat sebagai ketua PBNU- berziarah ke makam Sunan Ampel bersama dengan Asmanu -wartawan yang telah akrab-. Ketika memasuki kawasan makam, tiba-tiba datang seorang pengemis yang meminta-minta. Gus Dur mengecek kantong bajunya, tetapi ia tidak menemukan selembar uang -sebelumnya Gus Dur telah memasukkan uangnya ke dalam salah satu kotak amal yang tersedia-.

Gus Dur pun menyuruh Asmanu untuk memberikan uangnya pada pengemis itu, “As, kasih pengemis itu”, perintah Gus Dur, Asmanu berkata, “Cuma tinggal 5 ribu Gus, nanti kalo perlu apa-apa”, Gus Dur menimpali, “masih untung kamu punya 5 ribu, pengemis itu tidak punya apa-apa”. Walhasil, karena perintah Gus Dur dengan agak berat hati ia memberikan uang 5 ribunya kepada si pengemis.

Setelah selesai menemani Gus Dur Asmanu pun pulang dengan kantong kosong. Sore harinya, ia bertemu dengan kawan lamanya -pegurus persatuan Tionghoa Indonesia- yang telah bertahun-tahun tidak pernah bertemu. Mereka pun asyik berbincang tentang kisah-kisah pertemanan masa lalunya.

Tanpa diduga ketika berpisah, teman lamanya memberinya uang 500 ribu. Ia pun menerimanya dengan senang hati, tetapi ia berfikir kenapa ia memberinya uang, kebaikan apa yang pernah dilakukannya kepada temannya itu.

Namun, pikirannya malah tertuju pada uang 5 ribu yang diberikannya pada pengemis pagi tadi di makam Sunan Ampel. Belum genap sehari, Allah telah membalas sedekahnya, Alhamdulillah.

Sumber : Gusdurfiles.com

Posted on 11 Oktober 2015, in Hikmah, Sosial and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: