Perguruan Tinggi Ibrahimy Sukorejo Gelar Wisuda Ke-24, Berikan Penghargaan Prestasi Non Akademik

image

Rektor IAI Ibrahimy Dr Wawan Juandi, MA, saat membuka rapat terbuka senat

SERAMBIMATA, Perguruan Tinggi Ibrahimy Sukorejo Situbondo menggelar Wisuda ke-24, Ahad (18/10/2015) dengan mewisuda 590 lulusan dari jenjang  Diploma Tiga, Sarjana dan Pasca Sarjana. Wisudawan berasal dari tiga Fakultas, tiga akademi dan program Pascasarjana.

Ada yang berbeda di wisuda kali ini yakni diwisudanya 48 lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ia adalah fakultas terbaru di kampus yang dikomandani Dr Wawan Juandi, M.Ag itu. Sehingga yang juga terlihat beda dari acara tersebut yakni munculnya sosok dekan muda barisan prosesi Misbahul Ali, M.E.I, maklum menurut informasi yang diterima serambimata, dia dipercaya menjadi dekan sekitar satu bulan yang lalu.

Dalam sambutannya, Rektor IAI Ibrahimy Dr. Wawan Juandi, M.Ag menjelaskan selama ini proses akademik program studi Ekonomi Syariah diasuh oleh Fakultas Syariah, namun karena turunnya SK Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor 4804 tahun 2015 maka program studi ini menginduk kepada fakultas yang membidangi kajian ilmu ekonomi berdasarkan peraturan Menteri Agama Nomor 36 tahun 2009.

“Dengan demikian, Fakultas Syariah bagi program studi Ekonomi Syari’ah merupakan ibu asuh, dan prodi Mu’amalah dan Ahwal as-Syakhsyiyah dapat dikatakan saudara radha'” Kata Wawan Juandi dalam sambutannya.

Wisuda kali ini perguruan tinggi Ibrahimy menghadirkan guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijogo Jogyakarta, Prof. Dr. KH. Malik Madani, MA untuk memberikan orasi ilmiah dengan thema “Nilai-nilai luhur Pesantren dan Urgensinya dalam Revolusi Mental”.

Dalam orasinya Malik Madani mengajak kepada wisudawan yang notabene santri untuk senantiasa konsisten dengan nilai-nilai luhur kepesantrenan dan senantiasa melakukan muhasabah.

Nilai-nilai kepesantrenan itu menurutnya  antara lain: ketelitian dan kecermatan, Sebagaimana telah dicontohkan oleh para kiai pesantren yang sangat teliti dan cermat, terutama dalam menerjemahkan al-Qur’an, al-Hadits, dan kitab-kitab kuning.

Nilai yang lain menurut Profesor yang fasih berbahasa madura itu adalah kemandirian. Kalangan pesantren sangat mandiri, termasuk dalam berpakaian. Pesantren memiliki karakter tersendiri, misalnya, ketika zaman penjajahan para kiai mengharamkan dasi. , hal ini sebagai bentuk perlawanan para kiai terhadap penjajah yang berdasi dan untuk membangkitkan semangat nasionalisme.

Kesederhanaan, merupakan nilai pesantren yang juga penting ditanamkan untuk menumbuhkan revolusi mental. Kalangan pesantren bersikap wajar dan zuhud (tidak cinta dunia).

Wiudawan Berprestasi Non Akademik

Hal lain yang berbeda dari wisuda sebelumnya adalah dianugerahkannya penghargaan kepada lulusan yang telah meraih prestasi non akademik. Mereka yang mendapatkan penghargaan masing-masing 4 wisudawan dengan prestasi hafal Al Quran 30 Juz, 1 wisudawan dengan prestasi Juara nasional bidang Qira’ah Kitab Sirah Nabawiyah di Jambi tahun 2014, dan 1 wisudawan dengan prestasi Juara Nasional bidang Karya Ilmiyag Pesantren Balitbang Kementerian Agama RI.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dalam arahannya berharap kepada para sarjana yang diwisuda saat itu untuk
menerapkan ilmu padi dan pohon kelapa.  Padi, semakin berisi semakin menunduk karenanya para lulusan Ibrahimy hendaknya semakin berilmu kian tawadhu’ dan tidak sombong. Selain itu jiwa dan raga para alumnus dapat bermanfaat sebagaimana filosofi pohon kelapa. (Hans)

Posted on 19 Oktober 2015, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: