Menteri BUMN Resmikan SMK Bidang Pergulaan Di Pesantren Sukorejo Situbondo

image

Peresmian SMK Ibrahimy Program Pergulaan oleh Menteri BUMN Rini Sumarno didampingi KHR Ahmad Azaim Ibrahimy

SERAMBIMATA, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo siap mencetak tenaga terampil di bidang pergulaan, ini juga sekaligus mendukung tekad pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula tahun 2019. Karenanya pesantren yang diasuh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy ini medirikan SMK Program Pergulaan yang baru saja diresmikan Menteri BUMN.

Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, dengan salah satu program keahlian bidang pergulaan.

“Sekolah seperti ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang andal di pabrik gula,” kata Rini kepada wartawan seusai meresmikan sekolah di pesantren yang diasuh KHR Achmad Azaim Ibrahimy ini, Kamis (22/10/2015).

Ia menjelaskan, sekolah ini akan mencetak murid yang umumnya santri yang mengerti industri gula sehingga mendukung tekad pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula pada 2019.

SMK ini bisa ditingkatkan lagi menjadi akademi sehingga menghasilkan tenaga-tenaga teknis yang lebih mumpuni di bidang pergulaan, sambung Rini.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah KHR Achmad Azaim Ibrahimy mengatakan pesantren dengan masyarakat tidak bisa dipisahkan dan inilah yang mendasari pendirian sekolah kejuruan yang salah satu program keahliannya pergulaan ini.

“Kami menampung aspirasi masyarakat yang menitipkan anaknya di pesantren ini. Wali santri di sini banyak yang pemilik lahan tebu. Karena itu anak-anak mereka perlu mendapatkan pendidikan yang baik mengenai pertanian dan gula,” kata Kyai Azaim.

Ia menjelaskan pola pendidikan di lembaga itu adalah 50 persen berbanding 50 persen untuk pendidikan agama dan pendidikan bidang lainnya, termasuk pendidikan mengenai pergulaan.

“Kami ingin mencetak santri yang berakhlak baik sekaligus memiliki pengetahuan mumpuni mengenai pertanian, khususnya tebu,” katanya.

Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan pabrik gula untuk pengembangan program keahlian pergulaan tersebut. Bahkan PG Asembagus berjanji akan merekrut 10 hingga 20 siswa lulusan terbaik sekolah itu.

SMK Gula Situbondo Didukung Kurikulum PTPN XI

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI akan berkontribusi dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) industri gula nasional melalui pembuatan kurikulum belajar tenaga terampil pergulaan untuk SMK Gula Ibrahimy 2 Sukorejo, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’yah Situbondo, Jawa Timur (Jatim).

Direktur Utama PTPN XI Dolly Parlagutan Pulungan mengatakan SMK Gula Situbondo yang diinisiasi oleh Ponpes Sukorejo itu akan didukung oleh perseroan mengingat pabrik gula yang dimiliki masih sangat membutuhkan tenaga kerja terampil di bidang pergulaan. “Kami memberikan support berupa fasilitas praktek, penyusunan kurikulum dan pengajaran,” katanya seusai Peresmian SMK Gula Sukorejo, Kamis (22/10/2015).

Dia mengatakan, di Situdondo ada empat pabrik gula (PG) dan satu pabrik gula lain ada di Bondowoso, yang memerlukan tenaga terampil dan siap pakai. Diharapkan, lanjutnya, kebutuhan tenaga kerja tersebut mampu dipenuhi oleh SMK Gula Sukorejo.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Rini Soemarno yang hari itu singgah berkunjung ke Situbondo menuturkan bahwa kebutuhan tenaga kerja terampil di sektor pergulaan secara nasional masih sangat kurang. Untuk itu, diharapkan pelajar SMK tersebut nantinya ke depan juga bisa melanjutkan ke akademi yang lebih tinggi.

“Kita ini butuh talenta handal dan mengerti tentang pergulaan. Memang sudah ada sekolah kejuruan gula, tapi hanya beberapa daerah dan di Situbondo baru ada,” ujarnya.

Posted on 24 Oktober 2015, in Ekonomi, Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: