Tahun 2016 Sejumlah Lulusan Peguruan Tinggi akan Diangkat PNS Otomatis, Ini Kreterianya

image

Serambimata.com – Meskipun pemerintah gagal mengangkat tenaga honorer Kategori Dua (K2) menjadi CPNS, tapi rencana mengangkat lulusan prestasi sebagai PNS rupanya tidak surut. Tapi dengan kreteria lulusan dan perguruan sebagai berikut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, akan menjaring lulusan mahasiswa terbaik untuk direkrut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Yuddy, setiap tahunnya kurang lebih 120 ribu PNS akan memasuki masa pensiun. Karena itu, mahasiswa dengan predikat lulusan terbaik akan direkrut pada 2016.

“Daripada susah menyeleksi orang, segala macam, kami beri jalur khusus untuk lulusan terbaik, dari perguruan tinggi ternama nilai IPK 3,5 ke atas,” ujar Yuddy, Senin 2 November 2015.

Tentunya, kata Yuddi, mahasiswa lulusan terbaik tersebut harus dari kampus negeri seperti kampus Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), dan lainnya.

“Jadi, kami buat kriteria berdasarkan standar objektif, tidak sembarangan kampus,” katanya.

Tak cuma itu, nantinya juga akan diberlakukan sejumlah tes, hanya tidak rumit. Cukup seperti tes administratif, tes wawancara saja.

“Orang pintar-pintar kalau lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung), apalagi mendapatkan peringkat cumlaude. Kami mau ngetes apanya. Jangan-jangan kami diketawain sama mereka,” katanya.

Ia juga tidak terlalu memberikan ketentuan yang lebih berat kepada para lulusan terbaik tersebut. Tapi, Yuddy tak merinci syarat ketentuan proses seleksi menjadi PNS.

“Ya, umum saja, usianya di bawah 35 tahun, S1, cukup dengan peraturan menteri PAN-RB,” katanya.

Kemudian, Yuddy juga tak merinci secara detail berapa kuota yang disediakan untuk menjadi PNS bagi lulusan mahasiswa terbaik itu pada tahun depan. “Tergantung kuotanya, adanya berapa,” katanya.

Sumber JPNN

Posted on 4 November 2015, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Bagi calon pelamar CPNS 2016 mulai sekarang sudah bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS saat ini. nanti. Penerimaan CPNS 2016 akan dilakukan dengan Sistem CAT (Computer Assisted Test). Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mentap dengan menguasai bagaimana sistem CAT CPNS dan materinya. Penerimaan CPNS 2016 semakin ketak dan banyak persaingan,,Jadi salah satu jalan LOLOS CPNS Anda langsun kordinasi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp:0822-9229-9544. di jamin 100% pasti lulus., karna sy sdh buktikan sendiri.
    jadi silahkan anda menhubungi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk AIDU TAUHID.MM.(Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp:0822-9229-9544. jika anda ingin seperti saya, LULUS CPNS…!!!!!!!!!!!!!
    Trima kasih…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: