Menakjubkan! Sholat Shubuh di Turki Seramai Sholat Jum’at di Indonesia

image

Ribuan Muslim Turki sholat fajr di Aya Sofia

Serambimata.com – Inilah catatan perjalanan Ketua Umum BAZNAS Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc ke Turki beberapa waktu lalu. Cerita yang mengagumkan dari Negeri berjuluk Negara Sekularisme itu bukan tentang warna-warni kota Istanbul yang menggoda atau perempuan-perempuan yang cantik nan elok mempesona, tapi tentang kehidupan keagamaan masyarakatnya yang berkembang pesat luar biasa.

Dr.KH Didin Hafidhuddin, M.Sc menceritakan pengalamanya saat berkunjung ke Turki beberapa waktu yang lalu. Turki benar-benar berubah 180 derajat sejak dipimpin Erdogan dengan AKP nya.

Hal yang sangat menakjubkan adalah suasana religiusitas masyarakat Turki yang sangat luar biasa. Saat ini masjid-masjid sangat ramai dengan anak-anak muda yang beribadah dan melakukan kegiatan keIslaman. Yang semakin mengagumkan adalah ketika waktu Sholat Shubuh, masjid di Turki sangat penuh sesak dengan Jamaah yang didominasi anak muda, hampir mirip dengan suasana Sholat Jum’at di Indonesia.

Dr Didin mengingat kembali ketika dirinya berkunjung ke Turki sekitar tahun 1990-an, saat itu Turki masih sangat Sekuler. Jangankan waktu Sholat Shubuh, ketika azan Sholat Maghrib pun tak ada yang Sholat di Masjid. Saat itu saya Sholat hanya dengan istri beserta anak, karena tak ada jamaah lain dari warga Turki yang Sholat.

“Luar biasa dan yang lebih mencengangkan Para Remaja Turki ke masjid dengan mobil-mobil mewah di parkir di halaman masjid” ujar Dr Didin.

Selain tingkat religiusitas masyarakat Turki yang menjadi lebih baik, kondisi ekonomi Turki saat ini juga sangat luar biasa. Dengan tanpa bantuan pinjaman luar negeri, pemerintah Turki sanggup membangun Turki dan sanggup bersaing dengan negara maju dunia.

Peringkat ekonomi Turki lompat dari 111 menjadi 16, sehingga Turki masuk 20 negara kuat (G20). Pendapatan per kapitanya naik dari 3.500 dolar AS pada 2003 menjadi 11.000 dolar AS pada 2013.

Sebelumnya, Pemerintah Turki mencanangkan 3 Program Nasional:

1. Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid
2. Gerakan Infaq Shodaqoh
3. Gerakan Ekonomi Ummat

Dan Program gerakan sholat Subuh berjamaah memperoleh sambutan luar biasa dari masyarakat Turki, dan hasilnya sungguh mencengangkan….! Sholat subuh di sana sangat ramai seperti sholat jumat di indonesia.

Bisa jadi Sholat subuh berjamaah di Masjid menghasilkan rahasia yang menakjubkan. Itu dibuktikan dengan berbagai kesulitan nasional Turki, nampaknya bisa dipecahkan dengan mulus dan lancar setelah diluncurkannya program sholat Subuh berjamaah tersebut.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kapan negeri yang berpenduduk mayoritas Muslim ini menjadi negeri demokrasi yang berelegiutas tinggi? Semoga tak lama lagi.

Sumber Islamedia.com dan sumber lainnya

Posted on 7 November 2015, in Agama and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. kalo orang islam bersatu maka umat islam akan kuat spt jaman nabi saw dan sahabt dlu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: